PERANAN PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD

Authors

  • Gloria Pirena Abdi Program Studi PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.445

Keywords:

Pembelajaran Sejarah, Pendidikan Karakter, Karakter Bangsa Indonesia

Abstract

 

Pendidikan berperan penting bagi pengembangan siswa untuk membentuk karakter manusia, warga masyarakat, dan warga negara yang baik. Permasalahan yang saat ini dialami oleh bangsa Indonesia adalah krisis moral yang mulai muncul dan mengakibatkan bangsa Indonesia kehilangan karakter dan jati diri Indonesia yang sesungguhnya seperti tercantum dalam Pancasila. Karakter bangsa Indonesia ini muncul ketika para pahlawan berjuang untuk memperoleh kemerdekaan negara Indonesia. Oleh sebab itu, untuk dapat membentuk karakter siswa dalam dunia Pendidikan agar menjadi bangsa Indonesia yang baik diperlukan suatu cara agar dapat memudahkan pendidik menanamkan karakter pada siswanya. Peranan pembelajaran sejarah dapat dijadikan cara dalam pembentukan karakter bangsa Indonesia. Dengan pembelajaran sejarah guru dapat menunjukkan sikap-sikap yang patut di contoh ketika para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pelajaran sejarah berperan membentuk karakter bangsa menumbuhkan sikap kebangsaan dan cinta tanah air. Guru harus bisa menempatkan diri untuk menginspirasi siswa untuk memiliki karakter bangsa yang baik melalui pembelajaran sejarah.

References

Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98.
Heri, S. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah; Isu, Gagasan Dan Strategi Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Jumardi, J. (2017). Peranan Pelajaran Sejarah Dalam Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Nilai Sejarah Lokal di SMA Negeri 65 Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 70-80.
Kurniawan, P. W., & Rogamelia, R. (2018). Integrasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus Di SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung). Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(1), 45-56.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.
Sayono, J. (2015). Pembelajaran Sejarah di Sekolah: dari Pragmatis ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya, 7(1), 9-17.
Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3).
Subagyo, P. I. D., & Shokheh, M. P. P. I. M. Peranan Pelajaran Sejarah Dalam Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Nilai Sejarah Lokal Di SMKN 1 Jepara.
Wijayanti, A. T., & Armyati, L. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar (SD PB Soedirman, SD N Dukuh 09 Pagi, SD N Susukan 06). JIPSINDO, 1(1).

Downloads

Published

30-01-2020

How to Cite

Abdi, G. P. (2020). PERANAN PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 802–815. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.445

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check