Manajemen Personalia Organisasi Mengelola Manusia Sebagai Aset Organisasi Pendidikan

Authors

  • Rafikah Bestri Program Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rika Aniska Program Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Muhammad Ikon Program Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nellitawati Nellitawati Program Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Sufyarma Marsidin Program Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4454

Keywords:

Manajemen Personalia, Manusia Aset Organisasi Pendidikan

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial, dimana secara naluri manusia ingin hidup berkelompok.Manifetasi dari kehidupan berkelompok ini melahirkan organisasi-organisasi atau lembaga social dalam masyarakat.Sumber daya manusia merupakan aset penting bagi organisasi, karena peran dan juga fungsinya tidak dapat digantikan oleh sumber daya yang lain dan tentunya harus selalu berorientasi pada visi dan misi organisasi. Untuk mencapai visi dan misinya maka sumber daya manusia pada suatu organisasi harus memiliki karakteristik seperti motivasi, sikap, konsep diri, pengetahuan dan keahlian. Lalu ada beberapa peranan yang perlu di miliki oleh Sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan dunia kerja misalnya Dapat melakukan analisis jabatan, merencanakan kebutuhan akan tenaga kerja dan merekrut calon tenaga kerja yang berkualitas, mengelola keuangan dan lain-lain. Pekerjaan yang efisien dan efektif dari organisasi sangat bergantung pada penggunaan yang kompeten dari seluruh rangkaian metode manajemen untuk SDMnya yang disebut juga dengan karyawan.Karyawan merupakan kumpulan manusia yang disebut personil.Personil adalah salah satu objek manajemen yang paling kompleks dalam suatu organisasi, karena, tidak seperti faktor material, personil memiliki kemampuan untuk membuat keputusan dan mengevaluasi secara kritis persyaratan yang ditempatkan pada mereka.Staf juga memiliki kepentingan subjektif dan sangat sensitif terhadap pengaruh manajerial, yang reaksinya tidak ditentukan. Esensi manajemen personalia dalam organisasi pendidikan adalah organisasi yang sistematis dan sistematis dari dampak melalui berbagai tindakan organisasi, ekonomi dan sosial yang saling terkait pada proses pembentukan, distribusi, redistribusi tenaga kerja semua karyawan di tingkat perusahaan, pada penciptaan kondisi baru untuk penggunaan yang lebih efisien dari kualitas tenaga kerja seorang karyawan untuk memastikan operasi yang efisien dan efektif dan pengembangan yang komprehensif dari potensi tenaga kerja dari setiap unit organisasi perusahaan. Sistem manajemen personalia adalah seperangkat teknik, metode, teknologi untuk mengatur pekerjaan dengan personil.

References

Katz, Robert L. Skills of an Effective Administrator. Harvard Business Review Press, 2009.

Rohmah, Nurruli Fatur. 2018. Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.Vol. 2.No. 1.ISSN : 2622-6162 (Online) 2598-8514 (Print).

Sedarmayanti, Sedarmayanti, and Guke Yolan Safer. 2016. “Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Gugus Satu Desa Neglawangi Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung.” Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi 13, no. 3 : 501–524.

Wicaksono, Yosep Satrio. 2016. “Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja Dan Kinerja Karyawan (Studi Di SKM Unit V PT. Gudang Garam, Tbk Kediri).” Jurnal Bisnis dan Manajemen 3, no. 1.

Yuniarsih, Tjutju. 2008. “Suwatno. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi Dan Isu Penelitian.” Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

27-06-2022

How to Cite

Bestri, R., Aniska, R., Ikon, M., Nellitawati, N., & Marsidin, S. (2022). Manajemen Personalia Organisasi Mengelola Manusia Sebagai Aset Organisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12862–12868. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4454

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check