Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13: Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Hamka

Main Article Content

Na’im Fadhilah
Deswalantri Deswalantri

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta yang terjadi yaitu masih banyak ditemukan antar tetangga mempergunjingkan tetangganya bahkan anggota keluarganya sendiri. Bahkan masih ada orang yang membeda-bedakan dan kurangnya toleransi antar sesama di lingkungan tempat tinggal saya. Perilaku tersebut dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain bahkan dapat memutuskan tali silaturrahim di antara dua orang sehingga penulis ingin mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 11-13 berdasarkan kajian tafsir Al-Azhar karya Hamka. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian library research (penelitian kepustakaan) yaitu suatu studi yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah, kisah-kisah sejarah, dan sebagainya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi yang merupakan teknik pengumpulan data yang didapat dari sumber primer yaitu tafsir Al-Azhar karya Hamka  dan sekunder yang merupakan sumber data tambahan yang menunjang data pokok. Sedangkan teknis analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis isi yang diambil dari sumber primer dan sumber sekunder. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Al-qur’an surat Al-Hujurat ayat 11-13 dalam kajian tafsir Al-Azhar karya Hamka yaitu pada ayat 11 surat Al-Hujurat ini terdapat beberapa nilai pendidikan karakter yaitu larangan memperolok-olok, mengejek, menghina, bahkan merendahan diri orang lain, dan selain itu dalam ayat ini juga terdapat perintah untuk bertobat. Pada ayat 12 surat Al-Hujurat ini nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya masih bersifat larangan yaitu larangan berprasangka, mencari-cari kesalahan dan mempergunjingkan (ghibah). Kemudian, pada ayat 13 surat Al-Hujurat ini terdapat nilai pendidikan karakter yaitu at-taaruf (saling kenal-mengenal), ukhuwah, dan juga terdapat nilai pendidikan karakter yaitu sikap toleransi. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fadhilah, N. ., & Deswalantri, D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13: Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Hamka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13525–13534. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4468
Section
Articles of Research

References

Ainun, Nur Afidiah, 2018. Mengenal Aqidah Dan Akhlak Islami. Lampung: CV. IQRO.

Amin, Munir Samsul , 2016. Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah.

As-Suyuthi, Imam, 2014. Asbabun Nuzul, diterjemahkan oleh Andi Muhammad Syahril dan Yasir Maqasid. Jakarta : Pustaka Al-Kautsar.

Azamiyah, 2017. Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13 , Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.6 No. 1.

Azzet, Muhaimin Ahmad,2011. Urgensi pendidikan karakter di indonesia.

Az-Zuhaili, Wahbah, 2013. Tafsir Al-Wasith. Jakarta: Gema Insani.

Depertemen Agama RI,2004, Al-Qur’an Dan Terjemahan, Cv Penerbit J-Art.

Hadi Sutrisno,2000.Metodologi Reaserch.Yogyakarta: Andi Offset.

Hamka, 2015. Tafsir Al-Azhar, jilid 8. Jakarta : Gema Insani.

Islam, Ahmad Saiful Hasan Al-Banna,2010. Tafsir Hasan Al-Banna. Jakarta: Suara Agung.

Jamaruddin, Ade, 2016. Membangun Tasamuh Keberagamaan Dalam Prespektif Al-Qur’an, Toleransi: Jurnal Media Komunikasi Umat Beragama, Vol.8, No. 2.

Khalid, Amru, 2007. Revolusi Diri. Jakarta: Qisthi Press.

Kurniawan, Syamsul ,2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Meleong, J Lexy, 2005. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muzakkir, 2019. Hidup Sehat Dan Bahagia Dalam Perspektif Tasawuf, Cetakan Ke-2. Jakarta: Prenamedia Grup.

Ritonga,Rahman, 2005. Akhlak (Merakit Hubungan Dengan Sesama Manusia). Surabaya: Amelia Surabaya.

Sari Milya,Asmendri, Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2020, Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, ISSN: 2715-470x

Solkhanuddin, Deswalantri, Budi Santosa, 2020. “Upaya Preventif Guru Bimbingan dan Konseling(BK) dalam Membantu Membentuk Karakter Siswa di MAN 3 Agam Kubang Putih”, Educational Guidance and counseling Development Juornal , Vol. III. No. 1.

Sulaiman , Nasir Bin .A., 2001. Tafsir Surat Al-Hujurat. Jakarta: Pustaka Al-Kaustar.

Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.