Analisis Target Costing dalam Upaya Peningkatan Laba Perusahaan Oteku di Karang Bedil Mataram

Main Article Content

Muhammad Syukri
Syarifah Massuki Fitri
Mega Tri Purna
Suandi Suandi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengelolaan biaya dan peningkatan laba yang ditargetkan perusahaan, sehingga dapat membantu perusahaan dalam perencanaan untuk meningkatkan laba. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Objek penelitian adalah OTEKU. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan cara menganalisis proses produksi, menganalisis harga produk dengan pesaing dan mengimplementasi metode target costing. Penerapan target costing dilakukan dengan melalui proses rekayasa nilai (value engineering) yang terdiri dari tahapan pembelian telur di satu supplier dan membeli di supplier lain, pembelian kuantitas tepung dan gula yang lebih murah, mengurangi biaya kemasan dan biaya gaji tenaga kerja langsung. Melalui proses tersebut, perusahaan penghematan biaya sebesar Rp. 3.359.000 yang sebelumnya sebesar Rp. 3.527.500 untuk produksi roti loaf dan lainya setiap hari. Dengan penghematan tersebut , perusahaan mampu untuk mencapai laba penjualan yang diinginkan sebesar 31%, dari sebelumnya yang hanya mampu mendapatkan laba penjualan sebesar 29%. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa usaha OTEKU dapat meningkatkan laba dengan menerapkan metode target costing.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syukri, M. ., Fitri, S. M. ., Purna, M. T. ., & Suandi, S. (2022). Analisis Target Costing dalam Upaya Peningkatan Laba Perusahaan Oteku di Karang Bedil Mataram. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13581–13586. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4475
Section
Articles of Research

References

Dunia dan Abdullah (2012). Akuntansi Biaya, Jakarta: Salemba Empat.

Hansen and Mowen (2009) Akuntansi Manajerial. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Hongeren dkk (2013), . Akuntansi Biaya Dengan Penekanan Manajerial Jilid 2 Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Khaira Citra dkk, (2014) Analisis Penerapan Target Costing Untuk Meningkatkan Laba Perusahaan (Studi Kasuss Pada CV Onderhound Company Shoesh And Leather), Jurnal Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Islam, Bandung.

Khasanah Rosiatul dkk, (2017) Analisis Penerapan Metode Target Costing Dalam Upaya Meningkatkan Efesiensi Biaya Produksi Untuk Memaksimalkan Laba (Studi Pada Perusahaan Kecap Kuda Kaloka Di Salatiga Di Tahun 2016) Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomika Dana Bisnis Universitas Pandanaran : Semarang.

Kotler dan Keller (2012). 10tn edition. Marketing an. Introduction. Indonesia: Perason.

Krismiaji (2011) Akuntansi Manajemen. Edisi 2. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN: Yogyakarta.

Mulyadi (2015), Akuntansi Biaya. Akademi Manajemen Perusahaan. YKPN:Yogyakarta.

Nurul Ikhsan Arifin dkk, (2016) Analisis Target Costing Dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksiuntuk Peningkatan Laba Kotor Pada Mandala Bakery, Jurnal Akuntansi Vol 16 No.6.

Philip Kotler dan Keller (2011), Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Purwaningsari, (2015) Analisis Penentuan Harga Jual Berbasis Target Costing Studi Kasus pada CV. Khatara Konstruksi Kraksaan Probolinggo. Skripsi (tidak dipublikasikan). Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Rudianto (2013), Akuntansi Manajemen: Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Penerbit Erlangga: Jakarta.

Rukmi Juwita Dkk (2016), Penerapan Target Costingdalam Upaya Efesiensi Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Produk. Jurnal Kajian Akuntansi, Vol 1: 184-193

Samryn (2012) Analisis Target Costing Dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksiuntuk Peningkatan Laba Kotor Pada Mandala Bakery, Jurnal Akuntansi Vol 16 No.6.

Sugiono (2011) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

(Supriyadi 2013). Penerapan Target Costing Dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Perusahaan. Skripsi. Universitas Shafirif Hidayatuallah. Jakarta.

Supriyono (2010) Akuntansi Biaya Dan Akuntansi Manajemen Untuk Teknologi Maju dan Globalisasi. Edisi Pertama. BPPE .Universitas Gajahmada. Jogjakarta.