Analisis Teks Ulasan Pada Siswa SMP Negeri 5 Karawang Barat

Main Article Content

Nadia Citra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana struktur teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Karawang Barat, (2)  mendeskripsikan bagaimana kaidah kebahasaan teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Karawang Barat. Manfaat dari penleitian ini adalah (1) manfaat dari hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan tentang struktur teks ulasan dalam karya siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Karawang Barat, (2) memberikan pengetahuan bagaimana kaidah kebahasaan teks ulasan dalam karya teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Karawang Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatip dengan metode deskripsi karena analisis data berupa hasil karangan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Karawang Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Karawang Barat. Objek penelitian ini adalah struktur dan kaidah kebahasaan teks ulasan. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, dan dokumentasi karena peneliti meneliti dokomen yang tertulis berupa teks ulasan siswa. Hasil penelitian dalam penelitian ini diantaranya ditemukan struktur teks ulasan yang belum sempurna. Kaidah kebahasaan pada teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Karawang Barat banyak yang tidak menggunakan kata konjungsi, penggunaan kata konjungsi pada teks ulasan siswa dominan menggunakan konjungsi penyebab yang ditandai kata karena. Pada hasil analisis ini siswa masih belum mampu menunjukkan struktur teks yang sempurna dan siswa tidak mampu menggunakan konjungsi dengan tepat. Diharapkan guru dapat meningkatkan pembelajaran menulis siswa. pembelajaran mengenai struktur dan kaidah kebahasaan perlu ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Citra, N. . (2022). Analisis Teks Ulasan Pada Siswa SMP Negeri 5 Karawang Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13630–13639. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4484
Section
Articles of Research

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman. (2012). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Perdiyono. (2007). Pasti Bisa! Tesching Genre-Based Writing Metode Mengajar Writing Berbasis Genre Secara Efektif. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta