ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK PADA KPRI PENGAYOMAN 1 LAPAS DOMPU

Authors

  • Mulyati Mulyati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Dompu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.449

Keywords:

implementasi laporan keuangan, akuntansi, koperasi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan studi pada KPRI PENGAYOMAN 1 Lapas Dompu dengan Judul analisis implementasi standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik pada KPRI PENGAYOMAN 1 Lapas Dompu. Dengan tujuan untuk mengetahui implementasi standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas pada koperasi. Metode penelitian ini menggunakan data primer yang di peroleh secara langsung dari hasil wawancara dengan. Data di kumpulkan menggunakan tehnik observasi dan tehnik dokumentasi. Setelah data di kumpulkan maka di lakukan analisis dengan menggambarkan keadaan yang sebenarnya, setelah itu menguraikan dengan singkat dan menyimpulkannya. Dari hasil yang telah di lakukan menunjukan bahwa KPRI PENGAYOMAN 1 Lapas Dompu tidak mencantumkan saldo bank dalam laporan neraca dan Penggunaan istilah pos – pos laporan keuangan belum sesuai dengan SAK ETAP serta KPRI “ PENGAYOMAN 1 “ Lapas Dompu hanya mencatat laporan neraca, catatan atas laporan keuangan dan laporan laba rugi. Mereka tidak mencantumkan laporan perubahan ekuitas dan arus kas

References

Andreas, Beth Sianne. 2014. Evaluasi Atas Penerapan Standar Akuntansi Publik Entita Tanpa Akuntansi Publik (SAK ETAP).
Dewan Standar Akuntansi Keuangan . 2010. Pernyataan Pencabutan Standar Akuntansi Keuangan Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.
Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UMKM Republik Indonesia no: 04/Per/M.UMKM/VII/2012 tentang Pedoman Akuntansi Koperasi.
Putra, Hermon Adhy dan Elisabeth Penti Kurniawati. 2012. Penyusunan Laporan Keuangan Untuk Usaha Kecil Dan menengah (Ukm) Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP).
Harapan, Sofyan Syafri. 2008. Teori Akuntansi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ikatan Akuntansi indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas
Ikatan Akuntansi Indonesia. 2011. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP). Jakarta: Ikatan Akuntansi Indonesia.
Ikatan Akuntansi Indonesia. 2015. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba
Mohamad Nasir, 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Balai Indonesia
Republik Indonesia. 2012. Undang Undang Nomor 17 Tahun 2012 Pokok – Pokok Perkoperasian. Jakarta : Sekertariat Negara

Downloads

Published

30-01-2020

How to Cite

Mulyati, M. (2020). ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK PADA KPRI PENGAYOMAN 1 LAPAS DOMPU. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 225–238. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.449

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check