Pengaruh Game Online terhadap Etikasosial Siswa di Lingkungan SMP N 19 Kota Jambi

Authors

  • Vivien Firda Novera Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi , Indonesia
  • Rasimin Rasimin Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi , Indonesia
  • Affan Yusra Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Jambi , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4519

Keywords:

Game Online, Etika Sosial.

Abstract

Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengukur pengaruh game online terhadap etika sosial siswa di SMP Negeri 19 Kota Jambi. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode Expost-facto. Jumlah siswa yang menjadi dalam penelitian ini yakni 70 orang siswa yang terdiri dari kelas VII dan VIII dengan menggunakan tekhnik Purposive Sampling. Alat pengumpul data yang digunakan yakni instrument angket. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bahwa terdapat pengaruh game online terhadap etika sosial. Nilai perolehan Konstanta sebesar 67.087 yang artinya jika variabel game online nilainya 0 maka etika sosial nilainya sebesar 67.087. etika sosial mengalami kenaikan satu satuan maka etika sosial akan menurun sebesar 0.136 pada konstanta 67.08.

References

Adrafika Adlis. 2014. Pengaruh Penggunaan Game Online terhadap Perilaku Mahasiswa Universitas Islam Riau Pekanbaru. JOM FISIP, Volume 1 Nomor 2.

American Phychiatric Association. 2018. DSM-5 Internet Gaming. http://www.psychiatry.org.

Amelia, Andrita A. R.. 2019. Hubungan Kecandungan Game Online dengan Perilaku Agresif Siswa di SMA N 2 Ratahan. e-journal Keperawatan, Volume 7 Nomor 1.

Asdiqoh, Siti. 2017. Peran Orang Tua dalam Pemahaman Etka Sosial Anak. ThufuLA, Vol.5 No. 2.

Azis, Abd. 2019. Pendidikan Etika Sosial Berbasis Argumentasi Quranik. Andragodi Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 3.

Chen, C. Y. & Chang, S. L. 2008. Eksplorasi Kecenderungan Terhadap Kecanduan Game online. CV Intan Pratama. Jakarta

Chou, C., Condron, L & Belland, C.J. 2005. A Review of The Research on Internet Addiction. Educational Psychology Review.

Fadly, Akbar, Gilang, virga dan Imas Maesaroh,. “Dampak game online terhadap perubahan perilaku sosial”

Hamka & Hadi Purwanto. 2018. Kajian Etika Pegadaan Barang/Jasa Pemerintah. Vol 8 No 2 Jurnal Simetrik.

Hidayat, Rahmat; dan Rifa’i, Muhammad. 2018. Etika Manajemen Persfektif Islam. Medan: LPPI.

Harsono, M. 2014. Pengaruh Bermain Game terhadap Perkembangan Remaja. Surya University. Diambil dari http://kambing.ui.ac.id-/onnopurbo/ebook/ebook-SU20-13/SuryaUniv-Pengaruh-Berma-in-Game-terhadap-Perkembang-an-Remaja.pdf

Ike Mulya Sari. 2019. Pengaruh Game Online terhadap Perubahan Prilaku Siswa di Kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: IAIN.

Isnanto, Rizal. 2009. Modul Etika Profesi. Semarang: UNDIP.

Kamaja, Budi. 2020. “hubungan kompetensi sosial dengan kecanduan game online”. Jurnal psikoborneo 8 (1) 54.

Kim, K. H, et al. 2002. E-Lifestyle and Motives to Use Online Games. Irish Marketing Review: ABI/INFORM Globalpg. 71.

Krista Surbakti, 2017, Pengaruh Game Online Terhadap Remaja, Jurnal Curere. 01 (01)..

Yamin, M. (2013). Paradigma Baru Pembelajaran (S. Ibad (ed.)). Tim GP Press.

Yanti, P. E. D., Nuridja, I. M., & Dunia, I. K. (2014). Pengaruh lingkungan keluargaTerhadap Berwirausaha Siswa Kelas XI Smk Negeri 1 Singaraja. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 1–11.

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Novera, V. F. ., Rasimin, R., & Yusra, A. (2022). Pengaruh Game Online terhadap Etikasosial Siswa di Lingkungan SMP N 19 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13030–13035. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4519

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check