Pengaruh Media Bola Karet Terhadap Kemampuan Servis Bawah dalam Permainan Bola Voli dada Siswa Kelas IX

Main Article Content

Tri Hadiyanti Permatasari
Irfan Zinat Achmad
Bambang Ismaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana aktivitas dan peningkatan siswa dalam pembelajaran servis bawah permainan bola voli pada siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Karawang Barat. Metode yang digunakan dalam  mengambil data untuk mengetahui pengaruh media bola karet terhadap kemampuan serivis bawah dalam permainan bola voli yaitu metode Pre Experimental, dengan cara yaitu mencoba sesuatu untuk mengetahui pengaruh atau akibat dari suatu perlakuan atau treatment. Sampel penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling, dimana penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sesuai dengan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk penelitian, berjumlah 40 siswa terdiri dari 12 siswa perempuan dan 28 siswa laki-laki. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 40 siswa siswi yang menjadi sampel penelitian, dapat disimpulan bahwa sebagian besar siswa telah membuktikan bahwa peningkatan servis bawah dengan menggunakan media bola karet mengalami peningkatan yang signifikan, hal tersebut menunjukkan bahwa media bola karet memiliki pengaruh guna meningkatkan kemampuan servis bawah pada permainan bola voli.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hadiyanti Permatasari, T. ., Zinat Achmad, I. ., & Ismaya, B. . (2022). Pengaruh Media Bola Karet Terhadap Kemampuan Servis Bawah dalam Permainan Bola Voli dada Siswa Kelas IX. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13839–13844. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4551
Section
Articles of Research

References

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana aktivitas dan peningkatan siswa dalam pembelajaran servis bawah permainan bola voli pada siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Karawang Barat. Metode yang digunakan dalam mengambil data untuk mengetahui pengaruh media bola karet terhadap kemampuan serivis bawah dalam permainan bola voli yaitu metode Pre Experimental, dengan cara yaitu mencoba sesuatu untuk mengetahui pengaruh atau akibat dari suatu perlakuan atau treatment. Sampel penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling, dimana penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sesuai dengan syarat-syarat yang dibutuhkan untuk penelitian, berjumlah 40 siswa terdiri dari 12 siswa perempuan dan 28 siswa laki-laki. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 40 siswa siswi yang menjadi sampel penelitian, dapat disimpulan bahwa sebagian besar siswa telah membuktikan bahwa peningkatan servis bawah dengan menggunakan media bola karet mengalami peningkatan yang signifikan, hal tersebut menunjukkan bahwa media bola karet memiliki pengaruh guna meningkatkan kemampuan servis bawah pada permainan bola voli.