Analisis Deiksis dalam Berita Bencana Alam pada Media Daring Sindonews.Com Edisi Januari-Maret 2022

Main Article Content

Nurul Mutia Rahmah
Hendra Setiawan
Uah Maspuroh

Abstract

Dalam ujaran yang digunakan oleh manusia baik ujaran secara langsung maupun pada sebuah tulisan seperti teks berita tentunya tidak terlepas dari kata-kata yang beragam serta memiliki maksud yang berbeda termasuk kata ganti. Untuk memahami maksud tersebut dapat dilakukan analisis dengan menggunakan salah satu cabang pragmatik, yaitu deikis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis, wujud, dan maksud deiksis dalam berita bencana alam pada media daring SINDOnews.com edisi Januari-Maret 2022. Subjek pada penelitian ini, yaitu berita bencana alam sedangkan objek penelitian ini, yaitu deiksis. Metode yang digunakan, berupa metode deskriptif kualitatif. Tujuannya, untuk mendapatkan data mengenai jenis, wujud, dan maksud deiksis kemudian dianalisis dalam bentuk tabel serta dideskripsikan ke dalam bentuk rangkaian kalimat. Pada pengumpulan data menggunakan teknik simak catat. Teknik analisis yang digunakan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data dalam berita ditemukan pemakaian deiksis, yaitu deiksis luar-tuturan dan deiksis dalam-tuturan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mutia Rahmah, N. ., Setiawan, H. ., & Maspuroh, U. . (2022). Analisis Deiksis dalam Berita Bencana Alam pada Media Daring Sindonews.Com Edisi Januari-Maret 2022 . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13845–13851. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4552
Section
Articles of Research

References

Ariffah, S. (2021). Julnal Edicatio FKIP UNMA. Kajian Deiksis Pada Rubrik Virus Covid-19 dalam Majalah Tempo Edisi April-Juni 2021. Universitas Singaperbangsa Karawang Volume 7 (4), hlm 1672-1676.

Astuti, K. N. (2015). Bentuk dan Fungsi Deiksis Sosial Pada Novel Kirti Njunjung Drajat Karya R. TG. Jasawidagda. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Semarang.

Citra, Anggun. (2020). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Analisis Deiksis Dalam Tajuk Rencana Harian Kompas dan Relevansinya dengan Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta Volume 6 (3), hlm 256-263.

Dr. Suhartono, M. (2020). Pragmatik Konteks Indonesia. Gresik: Graniti.

Khoiron, A. M & K, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang : Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Nafarin, L. d. (2020). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia .Analisis Deiksis Dalam Percakapan Pada Channel Youtube Deddy Corbuzier Bersama Menteri Kesehatan Tayangan Maret 2020. Universitas Negeri Semarang Volume 9 (1), hlm 58-65.

Pratiwi, SY. (2019). Analisis Penggunaan Deiksis Dalam Berita Utama Harian Kompas Edisi Maret 2016. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma

Purwo, B. K. (1984). Deiksis Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahardani, Aditya. (2012). Deiksis Dalam Tajuk Rencana Harian Solopos Tahun 2011 dan Sumbangannya Terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMK. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryanti. (2020). Pragmatik. Klaten: Lakeisha.

Wibowo, S. E. (2018). Etnopragmatik Bingkai Budaya Jawa Pada Tuturan Kiai Jawa. Purwodadi: Sarnu Untung.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>