Pengaruh Komunikasi Internal dalam Membangun Budaya Organisasi

Authors

  • Candra Wijaya Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Erika Rahma Siregar Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Ratih Alinda Br Barus Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Afifah Zahraini Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Febroza Della M.Y Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Febroza Della M.Y Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Siti Munawaroh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4559

Keywords:

Budaya Organisasi, Komunikasi Internal, Perusahaan Agribisnis

Abstract

Komunikasi internal dapat dipahami sebagai pondasi dan bangunan dari sebuah budaya organisasi. Adanya budaya organisasi yang telah di pegang teguh oleh para karyawannya akan sangat mendukung proses pencapaian tujuan utama dari perusahaan. Penelitian ini bertujuaan untuk menganalisis pengaruh komunikasi internal dalam membangun budaya organisasi yang khususnya budaya organisasi berorientasi pada hasil dan tim, dengan menggunakan sampel sebanyak 30 responden. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang diberikan oleh komunikasi internal dalam membangun budaya organisasi, yaitu salah satu aspeknya adalah kekuatan leadership yang menjadi contoh baik bagi para karyawannya. Peran pimpinan yang kuat untuk memberikan arahan dan memulai dengan proses komunikasi yang baik, akan mendapatkan respon positif dari para karyawannya dalam bekerja dan menghasilkan hasil kerja yang maksimal.

References

[UU] Undang-undang Nomor 13 tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan.

Andjani MD, Prianti DD. 2010. Internal Communication Towards Employee Engagement Inside Sultan Agung Islamic University (UNISSULA).

Effendy OU. 2008. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Harsono AY, Supratomo, Farid M. 2015. Analisis Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi Organisasi antara Atasan-Bawahan dalam Membangun Budaya Organisasi di Lingkungan Sekretariat DPRD Kota Bengkulu.

Kadafi M. 2010. Pentingnya Kerjasama Tim Dan Orientasi Hasil Terhadap Kinerja Karyawan.

Markgraf, P.R. 2003. A study of internal communication in the Royal Canadian Mounted Police of Britisth Columbia. Royal Roads University.

Tsai, W. 2001. Knowledge Transfer in Intraorganizational Networks: Effects of Network Position and Absorptive Capacity on Business Unit Innovation and Performance, Academy of Management Journal, Biarcliff Manor, Vol. 44, Issue 5, p. 996-1004.

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Wijaya, C. ., Siregar, E. R. ., Br Barus, R. A. ., Zahraini, A. ., Della M.Y, F. ., Della M.Y, F. ., & Munawaroh, S. . (2022). Pengaruh Komunikasi Internal dalam Membangun Budaya Organisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13310–13318. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4559

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check