PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MATERI PELUANG KELAS XII MIA 2 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

Main Article Content

Feri Hesti

Abstract

Penelitian ini membahas tentang aktivitas dan hasil belajar. Penilaian hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah nilai matematika peserta didik dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang sering tampak dalam proses pembelajaran matematika yaitu rendahnya aktivitas kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Rendahnya aktivitas kemampuan ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) materi peluang kelas XII MIA 2 semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan  dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Refleksi digunakan sebagai dasar perbaikan perencanaan pada pertemuan berikutnya. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan tes hasil belajar setiap pertemuan pada siklus I dan siklus II. Data diperoleh secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran  Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Peningkatan aktivitas peserta didik dari kategori kurang pada siklus pertama menjadi kategori baik pada siklus kedua. Hasil belajar peserta didik yang tuntas pencapaian KKM pada siklus I hanya 14 orang peserta didik (45,16%), pada siklus II meningkat menjadi 28 orang peserta didik (90,32%). Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas XII MIA 2 pada materi peluang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hesti, F. (2019). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MATERI PELUANG KELAS XII MIA 2 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 936–948. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.457
Section
Articles of Research

References

Davidson, Neil. 1990. Cooperative Learning in Mathematics. Addison. Wesley : Publishing Company.
Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP.Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Echols, J.M. dan Shadily, H. 1997. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Gagne, Robert M. (1975). Prinsip-Prinsip Belajar Untuk Pengajaran. Terjemahan oleh Abdillah Hanafi dan Abdul Manan. 1988. Surabaya: Usaha Nasional.
Herman. Dkk. 1994. Strategi Belajar Mengajar Matematika Kontemporer. Malang: Jurusan Matematika FMIPA UNM.
Hudoyo, H.2002. Peta Konsep. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Hudoyo, H. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan pelaksanaannya di depan Kelas. Surabaya : Usaha Nasional.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta
Muliyardi. 2002. Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: UNP.
Sardiman, A. M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT raja Grafindo Persada.
Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning : Theory, Reseach, and Practice. Boston : Allyn and Bacon.
Sobel, Max.A. 2004. Mengajar Matematika. Jakarta : Erlangga.
Soejadi, R. 1993. Simplikasi Beberapa konsep dalam Matematika untuk Matematika Sekolah Beserta Dampaknya. Surabaya : IKIP Surabaya.
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung : UPI
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan(KTSP). Jakarta : Prenada Media.