Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Usaha Industri Kerupuk di Kecamatan Bathin Solapan

Authors

  • Apliani Tobing Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Indonesia
  • Sakdanur Nas Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Indonesia
  • RM. Riadi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4592

Keywords:

Literasi Keuangan, Kinerja Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja keuangan usaha industri kerupuk di Kecamatan Bathin Solapan. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik usaha industri kerupuk di Kecamatan Bathin Solapan tahun 2022 dengan jumlah 31 pemilik usaha. Sampel penelitian ini berjumlah 31 pemilik usaha dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari pemilik usaha. Data dianalisis dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan usaha industri kerupuk di Kecamatan Bathin Solapan dengan persamaan regresi Y = -1346,70 + 623,316X + e dan memberikan kontribusi terhadap kinerja keuangan sebesar 29,7%.

References

Alamsyah, Fuad. 2020. “Pengaruh Literasi Keuangan dan Kualitas Manajemen Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Pada UKM Meubel di Kota Gorontalo”. Jurnal Ekonomi 22, no. 2.

Anggreini. 2016. “Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Pemilik Usaha Terhadap Pengelolaan Keuangan Studi Kasus UMKM Depok”. Jurnal Vokasi Indonesia, no. 4.

Dinar. 2017. “Pengaruh Aspek Keuangan Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (Sdm) Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Desa Kasongan”. Jurnal Ekonomi.

Fahmi, Irham. 2018. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Farida, Ida dan Aryanto. 2019. “Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja UMKM di Tegal”. Jurnal MONEX 8, no. 2.

Indrawati, H., Caska. 2015. “Financing Models for Sago Cake Makers in Supporting the Acceleration of Family Economic Improvement”. Mediterranean Journal of Social Sciences 6, no. 6.

Kuncoro, Mudjarad. 2017. Ekonomi Industri Menuju Negara Industri 2030. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Kurniasih, Retno. 2013. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi”. Jurnal Akuntansi 2.

Kusumadewi, R. 2017. “Pengaruh Locus Of Control dan Financial Literacy Terhadap Kinerja UKM Pada Pelaku UKM Desa Rawa Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka”. Prosding Seminar Nasional Dan Call For Papers.

Mujanah, S., Ratnawati, T., dan Retnaningsih, W. 2016. “IbM Kelompok Usaha Kecil Kerupuk”. Jurnal Wrausahaan 2, no. 1.

Octaviani, Rima dan Putri, Rizqy Fadhlina. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Medan”. Journal of Economics & Management 1, no. 1.

Sanistasya, Poppy Alvianolita, Rahardjo, Kusdi dan Iqbal, Muhammad. 2019. “Pengaruh Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Usaha Kecil di Kalimantan Timur”. Jurnal Economia 14.

Soetiono, Kusumaningtuti S. dan Setiawan, Cecep. 2018. Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia. Depok: Rajawali Pers.

Sri dan Umi. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan UMKM di Kota Yogyakarta”. JEMMA 4, no. 1.

Usama, K dan Yusoff, W. 2015. “The Relationship Between Enttrepreneurs Financial Literacy and Business Performance Among Enterpreneurs of Bauchi State Nigeria. Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9.

Yanti. 2019. “Pengaruh Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Kecamatan Moyo Utara”. Jurnal Manajemen dan Bisnis 2, no. 1.

Zega, Herianto., Johan, Rina S., Riadi, RM. “Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada CV Siak Sejahtera Periode 2010 s/d 2014”. Jurnal Online Mahasiswa FKIP UNRI.

Downloads

Published

07-07-2022

How to Cite

Tobing, A., Nas, S., & Riadi, R. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Usaha Industri Kerupuk di Kecamatan Bathin Solapan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13538–13545. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4592

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check