Pendidikan Agama Kristen di Masa Lalu-Masa Kini dan pada Persfektif Masa Depan

Authors

  • Tiur Imeldawati Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, Indonesia
  • Binur Panjaitan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, Indonesia
  • Warseto Freddy Sihombing Institut Agama Kristen Negeri Tarutung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4601

Keywords:

pendidikan Kristen, gereja, keluarga, sekolah

Abstract

Pendidikan Agama Kristen tidak lekang oleh waktu. Memang telah terukir sejarah yang Panjang akan hal ini. Dalam dalam kajian ini penulis memaparkan perihal Pendidikan Agama Kristen di masa lalu, masa kini dan dalam persfektif masa depan, dimana tantangan terhadap pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen semakin kompleks. Bukan hanya dalam lingkup PAK di gereja, melainkan juga dalam PAK di sekolah dan PAK dalam keluarga. Dalam kenyataannya, teori yang ideal memang tidak serta merta bisa dipraktekkan dengan baik. Demikian juga dengan teori tentang Pendidikan Agama Kristen, dimana selalu saja ada kendala, hambatan, tantangan dan fakta yang tidak sesuai dengan harapan. Hal-hal apalah yang bisa ditempuh untuk menghasilkan sebuah layanan yang bisa menjawab kebutuhan? Itulah yang coba dipaparkan oleh penulis dalam riset ini, untuk bisa menjawab masalah-masalah yang melatar belakangi riset ini. Melalui penelitian kualitatif yang dilakukan, didapatkan hasil yang akhirnya bisa dipakai menjdi acuan dan menjadi bahan study lanjutan perihal bagaimana mengelola pelaksaanaan pendidikan agama Kristen dan mempersiapkan diri untuk tidak tertinggal atau digilas peradaban yang semakin canggih ini

References

Abidin, Yunus. Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban Atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 Dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama, 2015.

Boehkle. Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktik Pendidikan Indonesia: Dari Palto Sampai I.G. Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2017.

Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen Dari Yohanes Amos Comenius Sampai Perkembangan PAK Di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Creswell, John. Riset Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Imeldawati, Tiur. “Prinsip-Prinsip Pendidikan Dalam Ezra 7:1-28.” Kerugma: Jurnal Teologi Dan PAK Vol 3 No 2 (2021): 97–109.

———. “Tiur Imeldawati, Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Kristen Keluarga. Kerugma: Jurnal Teologi Dan PAK Edisi Cetak Vol 1 No 1 Tahun 2015. ISSN> 2443-2091. STT Injili Indonesia Medan.” Kerugma: Jurnal Teologi Dan PAK vol 1 No 1 (2015): 117–38.

Lawson, Kevin. E. “Fondasi Sejarah Pendidikan Kristen” Dalam Fondasi Pendidikan Abad 21: Introducing Chritian Education Pen. Grace Mulyana Lestari Dkk. Peny. Michael J. Anthony. Malang: Gandum Mas, 2017.

Setiawani, Marry Stephen Tong. Seni Membentuk Karakter Kristus. Jakarta: Lembaga Reformed, 2015.

Simatupang, Hasudungan. Definisi Theologi Praktis Kristen Sesuai Kerabian Yesus Dan Payung Bagi Pendidikan Kristiani. Yogyakarta: ANDI Offset, 2015.

Tanya, Eli. Pendidikan Agama Kristen Dan Gereja. Bandung: STTC, 2016.

Tung, Khoe Yao. Terpanggil Menjadi Pendidik Kristen Yang Berhati Gembala: Mempersiapkan Sekolah Dan Pendidik Kristen Mengadapi Tantangan Global Pada Masa Kini. Yogyakarta: ANDI Offset, 2016.

Zschech, Darlene. The Art of Mentoring: Mewarsikan Konsep Nilai Kepada Generasi Muda. Malang: Literatur SAAT, 2013.

Downloads

Published

08-07-2022

How to Cite

Imeldawati, T. ., Panjaitan, B. ., & Sihombing, W. F. . (2022). Pendidikan Agama Kristen di Masa Lalu-Masa Kini dan pada Persfektif Masa Depan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13605–13614. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4601

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check