Nilai Perjuangan Tokoh Dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S Chudori

Authors

  • Siti Nadia Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau , Indonesia
  • Syafrial Syafrial Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau , Indonesia
  • Mangatur Sinaga Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4603

Keywords:

Nilai, perjuangan, novel

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah nilai-nilai perjuangan tokoh dalam novel Laut Bercerita karya Leila S Chudori? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai perjuangan tokoh dalam novel Laut Bercerita karya Leila S Chudori. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu metode yang membicarakan beberapa kemungkinan untuk memecahkan suatu masalah yang aktual dengan cara menggunakan tahap mengumpulkan data, menyusun, dan mengklasifikasikan semua data yang telah dianalisis. Sebab data hasil penelitian yang penulis dapatkan adalah data dalam bentuk narasi maupun dialog tokoh. Sumber data penelitian ini adalah novel Laut Bercerita karya Leila S Chudori yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia Jakarta. Hasil penelitian nilai perjuangan dalam novel Laut Bercerita karya Leila S Chudori terdapat sebanyak 56 data dengan nilai rela berkorban terdapat 9 data, nilai persatuan terdapat 4 data, nilai harga-menghargai terdapat 10 data, nilai sabar 10, nilai semangat pantang menyerah terdapat 13 data, dan nilai kerja sama terdapat 10 data.

References

A’yunin, dkk. 2018. Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Autobiografi Happy Little Soul Karya Retno Hening Palupi. Dialektika, 15(2).

Alfina, Uli. 2015. “Nilai-Nilai Karakter Rela Berkorban Tokoh Arjuna pada Pagelaran Wayang Kulit dalam Cerita Wahyu Makutho Romo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Hariyanto. 2010. “Nilai-nilai Pendidikan Sabar dalam Novel Ayat-ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Skripsi, Institut Agama Islam Walisongo.

Joyomartono, Mulyono dkk. 1990. Jiwa, Semangat, Dan Nilai-nilai Perjuangan Bangsa Indonesia. Semarang: IKIP Semarang Press.

Lubis, Fheti Wulandari. 2020. Analisis Androgini pada Novel Amelia Karya Tere Liye. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17 (1).

Purwanta, Hieronymus. 2018. Pancasila dalam Konteks Sejarah Perjuangan Bahasa Indonesia. Jurnal Candi, 18(2).

Rumadi, Hadi. 2020. Representasi Nilai Perjuangan dalam Novel Berheti di Kamu Karya Gia pratama. Semiotika, 21(1).

Sephia, Kezia. 2017. “Nilai-nilai Perjuangan Tokoh Utama dalam Novel Penjaga Mata Air Karya Hidayat Banjar = Analisis Sosiologi Sastra”. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia.

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syarbaini. 2010. Implementasi Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Theresa, Clara. 2019. “Nilai Perjuangan Tokoh Sabari dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata”. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia.

Downloads

Published

08-07-2022

How to Cite

Nadia, S. ., Syafrial, S., & Sinaga, M. . (2022). Nilai Perjuangan Tokoh Dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila S Chudori. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13622–13627. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4603

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check