Register Berbentuk Nomina pada Pedagang Pakaian di Pasar Pagi Kota Tegal

Authors

  • Leli Triana Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Khusnul Khotimah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4670

Keywords:

Register Nomina, Pedagang Pakianm, Pasar Pagi

Abstract

Penelitian ini mengkaji regsiter berbentuk nomina yang digunakan oleh pedagang pakaian di Pasar Pagi Kota Tegal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk dan makna register pedagang pakaian di Pasar Pagi Kota Tegal. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik accidental sampling atau teknik tidak terencana dilanjutkan dengan teknik simak dan teknik catat. Metode yang digunakan dalam menganalisis data penelitian ini adalah metode padan transasional  yang diwujudkan dengan teknik pilah unsur penentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedagang pakaian di Pasar Pagi Kota Tegal menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi dengan pembeli ketika melakukan transaksi jual beli pakaian. Dalam tuturannya, pedagang menggunakan register nomina berbentuk kata dasar, kata berimbuhan, kata ulang, dan kata majemuk. Register tersebut  merujuk pada makna jenis atau model,  warna pakaian, bahan baku, dan motif pakaian.

References

Arizka Nudia Tami, Ayu (2015). Register Pedagang Pasar Karangkobar, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara Dengan Dialek Banyumasan: Tinjauan Sosiolinguistik. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37724.

Chaer, Abdul. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. (1995). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Halliday, M.A.K. dan Hasan Ruqaiya. (1992). Bahasa, Konteks, dan Teks. Diterjemahkan oleh: Asruddin Barori. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kusrini, Eni. (2012). Register Pedagang Sapi di Pasar Hewan Kalongan, Purwodadi: Sebuah Tinjauan Sosiolinguistik. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19171.

Mustainullah, Riza Ardhian dan Umi Hartati (2020). Register Pedagang di pasar Klithikan Lestari, Mulyo Kanggotan, Pleret, bantul, Yogyakarta. CARAKA, Volume 6, Nomor 2, Edisi Juni 2020.

Nababan, P. W. J. (1993). Sosiolonguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pateda, Mansoer. (1987). Sosiolinguistik. Bandung. Angkasa.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Susilawati, Erni. (2017). Penggunaan Register Berupa Nomina di Kalangan Pedagang Tradisional Pasar Terapung Kota Banjarmasin. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. ISSN 2527-4104. Vol.2 No.2, 1 Oktober 2017.

Suwito. (1983). Pengantar Sosiolinguistik . Yogyakarta: Prenary Offset.

Downloads

Published

14-07-2022

How to Cite

Triana, L. ., & Khotimah, K. . (2022). Register Berbentuk Nomina pada Pedagang Pakaian di Pasar Pagi Kota Tegal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14086–14095. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4670

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check