Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Sosial di SMPN 5 Ukui Kabupaten Pelalawan

Authors

  • Ela Nova Rindiani Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Indonesia
  • Auzar Auzar Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau, Indonesia
  • char Charlina Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4672

Keywords:

Bahasa, Maksim, Kesantunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pematuhan maksim kesantunan berbahasa, mendeskripsikan bentuk pelanggaran maksim kesantunan berbahasa, dan mendeskripsikan maksim yang dominan digunakan dalam interaksi sosial di SMPN 5 Ukui Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini memiliki manfaat secara teoretis, praktis, dan edukatif. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekam dan catat. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang ditemukann secara keseluruhan terdiri dari tuturan pematuhan maksim kesantunan berbahasa yaitu; pematuhan maksim kebijaksanaan, pematuhan maksim kedermawanan, pematuhan maksim penghargaan, pematuhan maksim kesederhanaan, pematuhan maksim permufakatan, dan pematuhan maksim kesimpatian. Pelanggaran maksim yang terdiri dari; pelanggaran maksim kebijaksanaan, pelanggaran maksim kedermawanan, pelanggaran maksim penghargaan, pelanggaran maksim kesederhanaan, pelanggaran maksim permufakatan, dan pelanggaran maksim kesimpatian. Kemudian dari tuturan yang didapatkan, ditemukan maksim yang dominan digunakan dalam interaksi sosial di SMPN 5 Ukui yakni pematuhan maksim kesantunan berbahasa.

References

Anggraini, Novia, Dkk. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas X MAN 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol III(1), 42-43.

Idi, Abdullah. 2014. Sosiologi pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Milles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Refisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rahardi, R. Kunjana. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Erlangga.

Downloads

Published

14-07-2022

How to Cite

Rindiani, E. N. ., Auzar, A., & Charlina, char. (2022). Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Sosial di SMPN 5 Ukui Kabupaten Pelalawan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14173–14181. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4672

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check