Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Softwere Blender Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4701Keywords:
Media Pembelajaran, Softwere BlenderAbstract
Media pembelajaran berbasis teknologi sangat penting dikembangkan pada pendidikan saat ini untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan minat belajar peserta didik. Pengembangan media pembelajaran salah satunya dapat menggunakan softwere Blender. Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis softwere Blender merupakan inovasi baru pada materi jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Data validitas didapatkan dari lembar validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Data praktikalitas diperoleh dari lembar angket respon guru dan peserta didik. Subjek uji coba terdiri dari 21 orang peserta didik kelas V SDN 24 Parupuk Tabing pada tanggal 3 Juni 2022. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran diperoleh hasil uji validitas sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid, dan hasil uji praktikalitas peserta didik memperoleh hasil 91,43% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian media pembelajaran berbasis softwere Blender telah valid dan praktis digunakan di Sekolah Dasar.
References
Afifuddin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT. Tarbawi, 6(2), 141–156. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v6i1.2970
Annisa, A., & Masniladevi. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD. 5, 6.
Enterprise, J. (2016). Blender untuk Pemula. PT Elex Media Komputindo.
Hendratman, H. (2015). The Magic of Blender 3D Modelling. Informatika.
Indarti, D. M., & Erita, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Peta Budaya Berbantuan Aplikasi Kine Master Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV Sekolah Dasar. 4(1), 3150–3159.
Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 137–142. https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033
Perwira, Y. Y. (2020). Penggunaan Media Animasi 3 Dimensi Berbasis Blender Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan di Kelas X SMK Negeri 7 Surabaya. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 140.
Salwani, R., & Ariani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Berbasis Articulate Storyline 3 di Kelas Va SDIT Mutiara Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 409–415.
Saurina, N. (2017). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Kelas IV SDN Banjarsugihan II Menggunakan Blender 3D. JUSTINDO (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Indonesia), 2(2), 128–134. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JUSTINDO/article/view/1049
Sudaryono. (2015). Metodologi Riset di Bidang TI (Panduan Praktis Teori dan Contoh Kasus). Penerbit Andi.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta.
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112
Wirawan. (2011). Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Ummul KhairinAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).