Analisis Penanaman Karakter melalui Nilai Pancasila pada Pembelajaran PKn Kelas III SD Negeri 8 Talang Kelapa Banyuasin

Authors

  • Selly Destia Monica Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Farizal Imansyah Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Noviati Noviati Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4710

Keywords:

Karakter, Nilai Pancasila, Pembelajaran PKn

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih terabaikannya pendidikan karakter pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penanaman karakter melalui nilai Pancasila pada pembelajaran PKn kelas III SD Negeri 8 Talang Kelapa Banyuasin. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas dan enam peseta didik. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara yang dilakukan guru kelas III dalam membentuk karakter religius, peduli sosial, toleransi, demokratis dan disiplin melalui nilai Pancasila pada pembelajaran PKn adalah yang pertama dengan tahap perencanaan dimana guru mempersiapkan RPP yang sudah memuatkan nilai-nilai karakter di dalamnya. Kemudian kedua dengan tahap pelaksanaan pembelajaran guru memberi contoh sikap yang mencerminkan nilai Pancasila kemudian diterapkan dalam perilaku sehari-hari yang akan menjadi teladan dan contoh untuk peserta didik sehingga menjadi kebiasaan dalam membentuk karakter yang diharapkan. Penanaman karakter juga sudah diterapkan dengan baik, dilihat dari hasil persentase peserta didik dalam mencocokan sikap yang sesuai dengan lambang sila Pancasila diperoleh rata-rata dengan kategori baik. Jadi dalam menanmkan karakter melalui nilai Pancasila dilakukan dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan yang dilakukan dengan metode keteladanan, contoh, pembiasaan, teguran dan larangan sehingga dapat membentuk karakter peserta didik.

References

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha .

Annisa, F. (2019). Penanaman Nlai-nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan dan Keguruan , X (1).

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, dan Prosedur . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai , 5, 1267-1273.

Fitriani, N. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pentingnya Pembelajaran PKn dalam Membentuk Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai , 5, 9098-9102.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Herdiansyah, R. F., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai , 7176-7181.

Kusumawardani, F., Akhwani, Nafiah, & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan , 6, 1-10.

Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI Peluang dan Tantangan di Era Industri 4.0. Jakarta: Kencana.

Majid, A. (2017). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuraini, R. A., Asrin, & Jiwandono, I. S. (2021). Hubungan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Pembelajaran PPKn Dengan Karakter Siswa Kelas V SDN Gugus Ampenan. Pendas: Primary Education Journal , 2, 19-26.

Sari, Helsy, I., Aisyah, R., & Irwansyah, F. (2019). Media Pembelajaran. Bandung: Prenada Media.

Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tabi'in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial . Journal of Social Science Teaching , 43.

Downloads

Published

16-07-2022

How to Cite

Monica, S. D. ., Imansyah, F. ., & Noviati, N. (2022). Analisis Penanaman Karakter melalui Nilai Pancasila pada Pembelajaran PKn Kelas III SD Negeri 8 Talang Kelapa Banyuasin. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14373–14378. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4710

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check