Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Pendek “HAR”
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4735Keywords:
Film Pendek, Semiotika Roland Barthes, Denotasi, KonotasiAbstract
Film merupakan media yang berbentuk audio visual yang memberikan atau memaparkan sesuatu yang dapat berupa pesan, kritik, moral, norma dan lainnya yang ditujukan untuk individu maupun kelompok atau kumpulan orang. Film dapat dibagi berdasarkan dari durasi tayangnya, alirannya, nuansa nya dan media tayangnya. Film “Har” ini beraliran drama, mengisahkan tentang Har seorang anak laki-laki yang kesepian, ia menunggu ibunya yang bekerja sebagai pekerja rumah tangga di Hong Kong kembali ke rumah dalam beberapa hari. Har hidup dengan ayahnya yang pengangguran serta sibuk membantu pemerintah desa menyiapkan instalasi listrik pertama di desanya. Sementara itu, jauh dari desa dimana Har tinggal, hal besar terjadi dimana orang-orang kacau di sekitar Ibukota untuk menggulingkan presiden diktator di era itu. Penelitian ini memiliki dasar tujuan untuk memberikan gambaran mengenai makna denotasi, konotasi dan mitos dari analisis semiotika akan film pendek berjudul “Har”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis semiotika dari Roland Barthes.
References
Asri, R. (2020). Membaca film sebagai sebuah teks: analisis isi film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)”. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), pp. 74-84.
Asrofah. (2014). Semiotik Roland Barthes dalam analisis Iklan di media massa. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), pp. 1-14.
Baran, S. J. (2012). Pengantar komunikasi massa literasi media dan budaya (terjemahan). Jakarta: Salemba Humania.
Chaer, A. (2012). Linguistik umum. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Diniati, A. & Pratiwi, S. R. (2018). Analisis semiotika citra polisi dalam film pendek "Joni Sok Jagoan" di Youtube. WACANA Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(1), pp. 91-104.
Effendy, O. U. (1993). Dinamika komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Halim, S. (2013). Postkomodifikasi media. Yogyakarta: Jalasutra.
Ibrahim. (2015). "Makna" dalam komunikasi. Jurnal Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, 9(1), p. 21.
Karolina, C. M., Maryani, E. & Sjuchro, D. W. (2019). Model komunikasi ideal antara Tuna Netra dan Visual Reader dalam menonton film. Jurnal Komunikasi, 14(1), pp. 61-74.
Kpi.go.id [n.d.]. Undang Undang Republik Indonesia No. 8 Tahun 1992 Tentang Perfilman. Diakses pada 19 Juni 2021, pada pukul 22.50 WIB. Tersedia di: http://www.kpi.go.id/download/regulasi/UU http://www.kpi.go.id/download/regulasi/UU%20No.%208%20Tahun%201992%20tentang%20Perfilman.pdf
Novitasari, D. (2018). Analisis mitos gaya hidup dalam Iklan #Ada Aqua versi selfie. Jurnal Mediakom, 2(2), pp. 219-237.
Priambodo, R. (2017). Analisis makna denotasi dan konotasi dalam Iklan Bukalapak pada serial Youtube "Medok Pendekar Jari Sakti". Jurnal Paradigma, 21(2), pp. 110-127.
Rizky, M. Y. & Stellarosa, Y. (2018). Preferensi penonton terhadap film Indonesia. Communicare: Journal of Communication Studies, 4(1), pp. 15-34.
Sari, A. M., 2020. Liputan6.com. [Online]
Diakses pada 20 Juni 2021. Tersedia di: https://www.liputan6.com/showbiz/read/4380089/3-sineas-indonesia-raih-penghargaan-di-viddsee-juree-awards-indonesia-2020
Satria, B. R. & Rinaldy, R. (2019). Sikap penonton terhadap film nasionalisme (Jendral Soedirman). ProTVF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, 3(2), pp. 200-212.
Sobur, A. (2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Soetarjo, L. S. (2018). Kajian semiotika konotasi Roland Barthes pada foto wanita Jawa pada kartu pos tahun 1900-1910. DESKOVI: Art and Design Journal, 1(1), pp. 9-16.
Susetyorini, P. (2010). Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri oleh perwakilan Republik Indonesia. Jurnal Masalah-Masalah Hukum, 39(1), pp. 65-77.
Vera, N. (2014). Semiotika dalam riset komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wibowo, I. S. W. (2013). Semiotika komunikasi: Aplikasi praktis bagi penelitian dan skripsi komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Alviandhika Dwi PutraAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).