Efektifitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Daring (Online) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada Materi Sepak Bola Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Samigaluh Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Hadi Rohmad SMP N 1 Samigaluh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4752

Keywords:

Efektifitas, Aplikasi Quizizz, Daring, PJOK, Sepak Bola

Abstract

Hasil dari penelitian ini adalah (1) kuesioner respon peserta didik penggunaan media Quizizz pada kegiatan penutup pembelajaran daring Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)  pada materi sepak bola sudah berjalan efektif dengan jumlah siswa yang masuk kategori sangat baik 56,50% dan siswa yang masuk kategori baik 43,50%; (2) hasil ulangan yang dilakukan oleh peserta didik menghasilkan persentase ketuntasan sebesar 91,30% dan sudah melebihi 75% dari jumlah peserta didik sehingga sudah dinyatakan efektif. Pada Siklus I persentase nilai perolehan peserta didik yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebesar 61,9% yang berarti berada pada kriteria keefektifan rendah dengan nilai rata-rata peserta didik adalah 64,28.Pada Siklus II persentase nilai perolehan peserta didik yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 60 sebesar 81,8% yang berarti berada pada kriteria keefektifan cukup dengan nilai rata-rata peserta didik adalah 70,90. Dari penjelasan tersebut yaitu persentase nilai perolehan peserta didik pada Siklus I dan II memiliki kriteria keefektifan rendah dan cukup, dimana hasil persentase tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut yaitu, peserta didik hanya memiliki waktu yang singkat pada saat memahami sejarah sepak bola (Siklus I) fokus peserta didik dalam mengerjakan soal di Quizizz kurang maksimal, jaringan internet yang kurang stabil, dan mengerjakan soal Quizizz kurang bersungguh-sungguh. Sedangkan pada teori bermain sepak bola (Siklus II)cenderung ada peningkatan, perbedaan kriteria tersebut juga dapat dipengaruhi karena tingkat kesulitan materi yakni terihat bahwa hasil nilai perolehan Quizizz pada materi  sepak bola tentang teori bermain lebih baik dibandingkan dengan hasil nilai perolehan Quizizz pada materi sejarah sepak bola.

References

Cecep, K., & Bambang, S, 2011, Media Pembelajaran Manual dan Digital, Bogor: Ghalia Indonesia.

Ghufron, M. N, 2013, Gaya Belajar, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kanginan, M, 2016, Fisika I untuk SMA/MA Kelas X Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016, Jakarta: Erlangga.

Kemendikbud, Usaha dan Energi, Rumah Belajar: https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/sumberbelajar/tampil/Usah a-dan-Energi-2015/konten5.html diakses pada tanggal 05 Mei 2020

Muhadi, F, 2013, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Sanata Dharma.

Purwanto, 2007, Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.

Pusparani, N, 2017, Definisi dan Operasionalisasi Variabel Penelitian, Jurnal Universitas Pasundan

Rasto, 2015, Pembelajaran Mikro, Bandung: Alfabeta.

Rosyid, M. Z, 2019, Prestasi Belajar, Batu: Literasi Nusantara. Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta

Tipler, P. A, 2001, Fisika untuk Sains dan Teknik Edisi Ketiga Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Waryanto, N. H, 2006, Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi pembelajaran,http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/132304807/Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.pdf. diakses pada tanggal 07 Juni 2020.

Widoyoko, 2015, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

19-07-2022

How to Cite

Rohmad, H. . (2022). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Daring (Online) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada Materi Sepak Bola Kelas VIII A di SMP Negeri 1 Samigaluh Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14713–14718. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4752

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check