Pengembangan Bahan Ajar Interaktif E-Mod pada Materi Khalayak dan Etika Profesi Humas di SMKN 2 Kediri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4812Keywords:
Bahan Ajar Interaktif, Modul Elektronik, Macromedia Flash 8Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis proses pengembangan, kelayakan, serta respon siswa terhadap bahan ajar interaktif E-Mod pada Materi Khalayak dan Etika Profesi Humas kelas XI OTKP 3 di SMKN 2 Kediri. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, namun dalam penelitian ini peneliti hanya melakukan sampai pada tahap Development saja. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI OTKP 3 sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa, lembar validasi ahli kegrafikan, dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan bahan ajar interaktif E-Mod berbasis Macromedia Flash 8 pada materi Khalayak dan Etika Profesi Humas di SMKN 2 Kediri dengan model pengembangan ADDIE memiliki 5 tahapan yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation), namun peneliti hanya melakukan penelitian sampai pada tahap pengembangan (development) saja dikarenakan keterbatasan penelitian; 2) kelayakan bahan ajar interaktif E-Mod memperoleh rata-rata hasil persentase ahli materi sebesar 97% (Sangat Layak), ahli bahasa sebesar 91% (Sangat Layak), dan ahli kegrafikan sebesar 87% (Sangat Layak); 3) respon siswa terhadap bahan ajar interaktif E-Mod mendapatkan hasil respon yang sangat baik dari siswa dengan rata-rata hasil persentase sebesar 100% (Sangat Menarik).
References
Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27-40. https://media.neliti.com/media/publications/261273-pengembangan-bahan-ajar-materi-garis-dan-31602bf9.pdf.
Aminah, S. (2018). Implementasi Model ADDIE pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus pada SMP Negeri 8 Pagaralam). Jurnal Ilmiah Betrik: Besemah Teknologi Informasi dan Komputer, 9(03), 152-162. https://doi.org/10.36050/betrik.v9i03.41.
Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, hlm. 259-267. Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1355/1232.
Bahtaria, Z., Basir, D., & Jaenudin, R. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Ekonomi Menggunakan Program Macromedia Flash di Sekolah Menengah Pertama. Jurrnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 93-106. http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25337.
Branch, R. M. (2009). Intructional Design: the ADDIE Approach. New York: Springer+Business Media.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 182-192. https://doi.org/10.21831/PG.V11I2.10644.
Hamzah, I. & Mentari, S. (2017). Development of Accounting E-Module to Support the Scientific Approach of Students Grade X Vocational High School. Journal of Accounting and Business Education, 2(1), 78-88. http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i1.9751.
Hasdi, H. & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(1), 90-105. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/view/269.
Hasibuan, A. (2017). Etika Profesi Profesionalisme Kerja. Medan: UISU Press.
Indrawati, F. (2013). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 215-223. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i3.126.
Jamilah, N., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif POST dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi untuk Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 14-23. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.28.
Khotimah, P. C., Kantun, S., & Widodo, J. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di SMK Negeri 7 Jember (Studi Kasus pada Kelas XII Program Keahlian Multimedia Semester Gasal Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 14(2), 357-360. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/16522.
Kurnia, T. D., dkk. (2019). Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D Pageflip. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, hlm. 516-525. Universitas Swadaya Gunung Jati. http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/844.
Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar melalui Model Pembelajaran yang Tepat pada Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01), 1-8. http://dx.doi.org/10.29040/jie.v1i01.194.
Latifah, S. & Utami, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Sosial Schoology. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(1), 36-45. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3924.
Maclinton, D. & Andrian, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Prisma Berbasis Macromedia Flash Dengan Desain Pembelajaran Assure. INOMATIKA, 4(1), 83-97. https://inomatika.unmuhbabel.ac.id/index.php/inomatika/article/view/323.
Mahardhika, G. P. (2015). Digital Game Based Learning dengan Model ADDIE untuk Pembelajaran Doa Sehari-hari. Teknoin, 21(2), 1-8. https://journal.uii.ac.id/jurnal-teknoin/article/view/3700.
Manasikana, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android pada Materi Jurnal Penyesuaian dan Jurnal Koreksi untuk Kelas XII Akuntansi di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1-8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/21225.
Mardhatillah & Trisdania, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Kelas II Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 91-102. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/19.
Meilinda, N. V., Nuraisyah, L. F., & Senjayawati, E. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8 pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal on Education, 1(3), 515-524. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/197.
Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71-80. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978.
Nuranisa, A. (2021). Tujuan Pendidikan Nasional Berdasarkan Undang-undang, Pahami Lebih Dalam. Liputan6.com. (https://hot.liputan6.com/read/4509677/tujuan-pendidikan-nasional-berdasarkan-undang-undang-pahami-lebih-dalam, diakses pada 26 April 2022).
Pramudhita, N. B. (2018). Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan. Surakarta: CV Mediatama.
Purnama, S. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan (Pengenalan untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). Literasi: (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19-32. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32.
Purwati, H., dkk. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macro Media Flash Professional 8. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 15-24. https://www.researchgate.net/publication/342660231_Pengembangan_Bahan_Ajar_Mata_Kuliah_Pengembangan_Media_Pembelajaran_Menggunakan_Macro_Media_Flash_Professional_8.
Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model ADDIE. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137-152. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/702.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178-185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524.
Raibowo, S., Adi, S., & Hariadi, I. (2020). Efektivitas dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(7), 944-952. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i7.13726.
Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Salmaa. (2021). Fungsi Bahan Ajar: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya. Deepublish.com. (https://penerbitdeepublish.com/fungsi-bahan-ajar/, diakses pada 26 April 2022).
Saputra, S., Rahmawati, T. D., & Safrudin, N. (2020). Pengembangan Puzzle Square sebagai Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 124-135. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12096.
Sidharta, B. A. (2015). Etika dan Kode Etik Profesi Hukum. Veritas et Justitia, 1(1). https://journal.unpar.ac.id/index.php/veritas/article/view/1423.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: CV Alfabeta.
Suryani, L. (2022). Peran Guru dalam Pendidikan. Bdkpalembang.kemenag.go.id. (https://bdkpalembang.kemenag.go.id/berita/peran-guru-dalam-pendidikan, diakses pada 26 April 2022).
Suyati, E. S. & Rozikin, A. Z. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Media Utama.
Syabrina, M. & Sulistyowati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 25-36. http://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/2166.
Tegeh, I. M. & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 12-26. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145.
Wahyugi, R. & Fatmariza. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATI?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785-793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439.
Wahyunuhari, F. (2013). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14385.
Yolanda, F. & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170-177. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3612.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Ratih Indah Setyaning PanduluAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).