Nilai-Nilai Spiritual dalam Rihlah Ibnu Bathuthah

Authors

  • Fira Nur Anisa Program Studi Ilmu Agama Islam, Universitas Negeri Padang , Indonesia
  • Ahmad Rivauzi Program Studi Ilmu Agama Islam, Universitas Negeri Padang , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4937

Keywords:

Nilai Spiritual, Rihlah, Ibnu Bathuthah

Abstract

Persoalan krisis spiritual dialami manusia modern saat ini, beberapa pakar menyikapi permasalahan tersebut untuk kembali pada nilai-nilai agama. Hal ini dikarenakan nilai-nilai agama diyakini mampu mengatasi dan mengentaskan permasalahan krisis, yang dimaksud ialah nilai agama yang memilki dimensi spiritual. Penulis membahas nilai-nilai spiritual, melalui sebuah karya kitab klasik di abad pertengahan, dengan judul yang cukup terkenal di kalangan cendikiawan dan sejarawan, yakni kitab ‘Rihlah Ibnu Bathuthah’. Memuat tentang perjalanan seorang penjelajah Muslim pertama yang ditempuh oleh Ibnu Bathuthah dengan ragam pengalaman. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi pustaka (library research) dan teori Hermeneutika. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan kajian pada nilai-nilai spiritual dalam narasi-narasi kitab Rihlah Ibnu Bathuthah dengan temuan aspek nilai-nilai maqamat  seperti taubat, wara’, syukur, tawakkal, ridha dan zuhud, pada nilai-nilai ahwal seperti raja’, khauf, mahabbah, sabar, yaqin dan muraqabah yang relevan dengan ilmu tasawuf, sebagai indikasi yang menunjukkan interpretasi dari sisi subjektif dengan teori-teori pendukung yang menggambarkan implikasi dari nilai-nilai spiritual dalam rihlah Ibnu Bathuthah .

References

Andy, Safria. (2019). Diktat Ilmu Tasawuf. FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN.

Al-Qusyairi, Abul Qasim. (2010). Ar-Risalatul Qusyaiiriyyah. Kairo: Darus Salam

Amin, Samsul Munir. (2012). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Amzah

Bathuthah, bin Muhammad bin Abdullah. (2012).Terj. Rihlah Ibnu Bathutah Memoar Perjalanan Keliling Dunia di Abad Pertengahan. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

Kanafi, H. I. (2020). ILMU TASAWUF: Penguatan Mental-Spiritual dan Akhlaq. Penerbit NEM

Muvid, Muhammad Basyrul. (2020). Tasawuf Kontemporer. Jakarta: Amzah Imprint Bumi Aksara.

Murkilim, (2015). Disertasi "Pendidikan Spiritual Keagamaan dan Relevansinya dengan Tarekat Naqsabandiyah". Padang: Perpustakaan Pascasarjanan UIN Imam Bonjol.

Orias. (2018). berkeley.edu/resources-teachers/travels-ibn-battuta

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Sagala, Rumadani. (2018). PENDIDIKAN SPIRITUAL KEAGAMAAN (Dalam Teori dan Praktik). SUKA-Press Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Saleh, D. A. (2014). KISAH PERJALANAN DAKWAH IBNU BATUTAH (PESAN DAN AMANAT DALAM RIHLAH IBNU BATTUTA) (Doctoral dissertation). (Akses:20 April 2022

Siddiq, M., & Salama, H. (2019). Etnografi Sebagai Teori Dan Metode. Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 18(1), 23-48.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sodieman. (2014).Menghadirkan Nilai-Nilai Spiritual Tasawuf Dalam Proses Mendidik. Jurnal Al-Ta'dib. Vol 7. No 2 Juli-Desember

Taqiuddin, Ahmad. (2010). Pemikiran Tasawuf Ibnu Taimiyah. El-Hikam: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman

Zaprulkhan & Hasanah, Nuran. (2016). FIlsafat Ilmu Sebuah Analisis Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Downloads

Published

03-08-2022

How to Cite

Anisa, F. N. ., & Rivauzi, A. . (2022). Nilai-Nilai Spiritual dalam Rihlah Ibnu Bathuthah . Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16117–16125. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4937

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check