Media Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality

Authors

  • Fettiana Gianadevi Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunad. arma, Indonesia
  • Elviana Elviana Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunad. arma, Indonesia
  • Revida Iriana Napitupulu Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunad. arma , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.5066

Keywords:

Anatomi, Android, Aplikasi, Augmented, Marker

Abstract

Ilmu tentang anatomi tubuh manusia pertama kali dipelajari di sekolah dasar saat kelas 4 dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Organ-organ anatomi tubuh manusia divisualisasikan dengan metode pembelajaran menggunakan media gambar dari buku, atau alat peraga. Media tersebut kurang bagus untuk menunjang pembelajaran anatomi tubuh manusia. Buku terbuat dari kertas yang rentan sobek dan alat peraga yang besar juga mudah pecah karena terbuat dari bahan keras yang mudah pecah. Itulah faktor kesulitan yang dihadapi dalam mempelajari anatomi tubuh manusia. Aplikasi pembelajaran berbasis augmented reality untuk mengenal anatomi tubuh manusia merupakan solusi bagi guru dan siswa untuk membuat suatu media belajar yang inovatif dan interaktif. Langkah pertama untuk membuat aplikasi tesebut adalah merancang design aplikasi yang akan dibangun berdasarkan hasil analisis permasalahan yang ada. Tampilan yang dirancang haruslah user-friendly agar semua kalangan mudah menggunakan aplikasi tersebut, khususnya pengguna di bidang pendidikan. Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan model objek dan sistem aplikasi agar menjadi suatu aplikasi augmented reality yang utuh. Aplikasi ini didukung teknologi augmented reality dan dirancang menggunakan metode Waterfall untuk membangun sistem aplikasinya yang dimulai dengan analisis, perencanaan, pemodelan, konstruksi dan pengujian, implementasi. Setelah melewati tahapan tersebut, aplikasi yang sudah selesai dibuat tersebut diharapkan dapat menampilkan objek anatomi tubuh manusia dari sistem pernafasan, sistem pencernaan dan kerangka tubuh berbentuk objek virtual 3D yang menarik secara real-time dengan baik untuk membantu kelancaran pembelajaran anatomi tubuh manusia di tingkat sekolah dasar.

References

Dafriani, Putri. 2019. Buku Ajar Anatomi Dan Fisiologi Untuk Mahasiswa Kesehatan. Padang: CV. Berkah Prima.

Firly, Nadia. 2018. Create Your Own Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mutiara, Sarah Astari. 2017. Mesin- Mesin Hebat dalam Tubuhku. Jakarta: PT. Mahoni Global.

Pamoedji, Andre Kurniawan. Maryuni. 2017. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sulistyanti Heri, Edy Wiyono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Daftar Jurnal :

Anggraini, Dewi. “Unified Modeling Language”. Depok: Staffsite Universitas Gunadarma.

Jamali, Siti Salmi, Mohd, Fairuz Shiratuddin, Kok, Wai Wong, Charlotte L, Oskam. 2015. “Utilising Mobile-Augmented Reality for Learning Human Anatomy”. Greece: 7th World Conference on Edcational Sciences.

Layona Rita, Budi Yulianto, Yovita Tunardi. 2018. “Web based Augmented Reality for Human Body Anatomy Learning”. Jakarta: Bina Nusantara University.

Ronald T, Azuma. 1997. “A survey of Augmented Reality.” Malibu, CA: Hughes Research Laboratories. Yoon, Hyeon-Ju. 2012. “A Study on the Performance of Android Platform Vol 4”. Gumi,

Republic of Korea: Department of Computer Engineering at Kumoh National Institute of Technology.

Net, Maballo. 2016. “Komplit Tutorial Augmented Reality – Splash Screen, Loading Screen, Main Menu Scene”. https://youtu.be/dyBOUvnaAqk. Diakses pada Juli 2020.

Piliang, Galang. 2016.

“Menggunakan Fungsi Script Open URL di Unity”. https://www.youtube.com/watch?v=1 E6j7MqQl8A. Diakses pada Juli 2020.

Rahmatullah, Aditya Pratama. 2019. “Belajar UML - Use Case Diagram”. https://www.codepolitan.com/mengen al-uml-diagram-use-case. Diakses pada Mei 2020.

Rahmatullah, Aditya Pratama. 2019. “Belajar UML – Activity Diagram”. https://www.codepolitan.com/mengen al-uml-contoh-uml-diagram-model- activity-diagram. Diakses pada Mei 2020.

Sundari, Riyanti. “M10 Struktur Navigasi”. riyanti.staff.gunadarma.ac.id/Downlo ads/files/20206/M10Struktur+Naviga si.pdf. Diakses pada Mei 2020.

Tutorial, DevGame. 2018. “Cara Membuat Augmented Reality Unity 3D”. https://youtu.be/tp20Lxr34b0. Diakses pada Juni 2020.

Tutorial, DevGame. 2019. “Tutorial Membuat Multiple Image Target Augmented Reality Unity Engine

DevGame Tutorial”. https://www.youtube.com/watch?v= RbuaTEImfI0&feature=youtu.be.

Diakses pada Juni 2020.

Tutorial, DevGame. 2019. “Cara Membuat Teks Deskripsi Augmented Reality Unity Engine”. https://youtu.be/JAQEVG87i6Y. Diakses pada Juni 2020.

Tutorial, DevGame. 2018. “Cara Membuat Main Menu di Unity 3D”. https://youtu.be/Q4Q4-hjdE9Y. Diakses pada Juli 2020.

Downloads

Published

30-04-2022

How to Cite

Gianadevi, F. ., Elviana, E., & Napitupulu, R. I. . (2022). Media Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8497–8507. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.5066

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check