Analisis Nilai-Nilai Estetika, Etika, dan Karakter dalam Novel Ladang Perminus Karya Ramadhan K.H

Authors

  • Yuni Indah Romaida Simangunsong Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Sarma Panggabean Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Kartini Bangun Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen Medan , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5098

Keywords:

Nilai Estetika, Nilai Etika, Nilai Karakter

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Nilai-nilai Estetika, Etika, Dan Karakter dalam Novel Ladang Perminus Karya Ramadhan K.H”. Latar belakang penulisan pada penelitian ini dilihat dari Nilai-nilai yang terkandung dalam novel tersebut. Kemudian peneliti menganalisis novel tersebut untuk mengetahui Nilai-nilai Estetika, Etika, dan Karakter apa saja yang terkandung dalam novel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara membaca novel yang berjudul Ladang Perminus Karya Rmadhan K.H lalu menandai kalimat yang mengandung nilai-nilai estetika, etika, dan karakter. Setelah itu, data dikumpulkan dan dipindahkan ke dalam kartu data. Dari penelitian ini diperoleh bahwa novel tersebut mengandung nilai-nilai estetika, etika, dan karakter. Namun, nilai yang paling dominan ditemukan dalam novel Ladang Perminus Karya Ramadhan K.H ialah nilai etika.

References

Amri, Sofan dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran ( Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa dalam Proses Pembelajaran). Jakarta : prestasi pustaka.

Bertens, K. 2002. Etika. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Cet. VII

Braginsky, VI. 1994. Erti Keindahan dan Keindahan Erti dalam Kesusasteraan Melayu Klasik. Kuala Lumpur : Dewan Bahasa dan Pustaka.

Ekowarni, Endang. 2010. Pengembangan Nilai-Nilai Luhur Budi Pekerti sebagai Karakter Bangsa, (Online), http:// belanegarari. Wordpress. Com/2009/-08/25/. Diunduh pada tanggal 21 Maret 2013.

Lestari, Sri. 2013. Psikologi Keluarga (Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarbini, Amirulloh. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter (Panduan Lengkap Mendidik Karakter Anak di Sekolah, Madrasah dan rumah. Jakarta : As@ - prima pustaka.

Downloads

Published

11-08-2022

How to Cite

Simangunsong, Y. I. R. ., Panggabean, S. ., & Bangun, K. (2022). Analisis Nilai-Nilai Estetika, Etika, dan Karakter dalam Novel Ladang Perminus Karya Ramadhan K.H. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16477–16491. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5098

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check