ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE COLLEGE BOWL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SOSIOLOGI

Main Article Content

Yanti Sri Wahyuni
Dedet Aprilia
Sri Rahayu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas pembelajaran sosiologi siswa kelas XI SMAN 1 Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Ini terlihat oleh para peneliti ketika melakukan pengamatan pada Agustus 2019 dalam satu pertemuan. Dilihat dari proses pembelajaran, pendidik yang sama dan kelas yang berbeda. Proses penerapan strategi kurang menarik. Dengan ini dapat dilihat bahwa kegiatan belajar sosiologi siswa rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat kegiatan pembelajaran sosiologi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif dalam jenis College Bowl. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behavioris menurut Watson. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan total sampel 32 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran sosiologi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sosiologi lebih baik di kelas XI IPS3 SMAN 1 Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Dalam dua dan tiga pengamatan pertama, ada peningkatan persentase semua indikator kegiatan pembelajaran sosiologi siswa mulai dari pengamatan hari pertama 312,48%, pengamatan hari kedua 368,74% dan pengamatan hari ketiga 428,12%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wahyuni, Y., Aprilia, D., & Rahayu, S. (2020). ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE COLLEGE BOWL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SOSIOLOGI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 617-624. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.511

References

Hasyim, M. (2014). Penerapan fungsi guru dalam proses pembelajaran. Auladuna, 1(2), 265–276.
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241–250.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Jurnal Kreano, 5(1), 56–62.
Sutisna, D. K. (2019). Penerapan Strategi College Bowl Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI Ipa Sma Negeri 1 Lempeng. 1–8.
Suryani, N. (2016). Penerapan Metode College Bowl Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran PAI Kelas X Di Sma Aisyiyah 1 Palembang. 1–33.
Nadia, N. (2009). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains Melalui Direct Instruction Dengan Metode College Bowl Di Sd Muhammadiyah Sambisari Purwomartani Sleman Yogyakarta. UGM Yogyakarta.
Yusuf, P. D. A. M. (2005). Metodologi Penelitian. Padang: Universitas Negeri Padang.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1.
Lufri. (2005). Metodologi Penelitian. Padang: Universitas Negeri Padang.