Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Kamera dan Alat Bantu Fotografi Menggunakan Teknologi Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5118Keywords:
Warganet, Kamera, Unity, Augmented Reality, MarkerAbstract
Banyaknya warganet yang belum mengetahui tentang kamera dan alat bantu fotografi, sehingga dibutuhkan rancang bangun aplikasi pengenalan kamera dan alat bantu fotografi menggunakan teknologi Augmented Reality yang memungkinkan kita membawa objek 3D ke dunia nyata melalui smartphone. Aplikasi ini bertujuan untuk mengenalkan dan menjelaskan mengenai kamera dan alat bantu fotografi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Aplikasi ini dirancang menggunakan Multimedia Development Life CycIe (MDLC) metode ini mencakup konsep, perancangan, desain antar muka, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian dan distribusi. Augmented Reality pengenalan kamera dan alat bantu fotografi ini dibuat berbasis Android yang menggunakan Unity sebagai software untuk merancang aplikasi, blender 3D sebagai pembuat objek kamera dan alat bantu fotografi, aplikasi ini menggunakan text-editor Visual Studio Code yang menggunakan bahasa C#, untuk pembuatan marker, software yang digunakan adalah Adobe Ilustrator. Aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa saja dan dimana saja, karena tidak memerlukan modal untuk membeli kamera dan alat bantu fotografi.
References
Abdul Rohim, Iim, Putra Jaya. 2019. Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Pengajaran Teknik Elektronika.Voteknika, 7(3), 129-135.
Erawati, W. 2019. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dengan Pendekatan Metode Waterfall. Jurnal Media Informatika Budidarma, 3(1),
Frialdo, Dol, Yeka Hendriyani. 2021. Perancangan Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Sumatera Barat dengan Marker – Based Augmented Reality. Jurnal Teknik Komputer dan Informatika, 1(2):63-71.
Hamzah, Saidina, Denny Kurniadi. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Perangkat Keras Jaringan Berbasis Augmented Reality pada Platform Android. Voteknika, 7(3), 147-157.
Kurnia, Reni, Asrul Huda, Nurindah Dwiyani. 2015. Pengembangan Media Interaktif Magicbook Berbasis Augmented Reality Android pada Mata Diklat Menerapkan Fungsi Periferal dan Instalasi PC. 3(1), 31-38.
Muliawan, Kadek Dede, A. A. Sagung Intan Pradnyanita. 2021. Analisa Teknik Fotografi Dalam Tren Food Photography, 3(1), 40-46
Mustaqim, Ilmawan. 2016. Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174.
Nugroho, A., & Pramono, B. A. (2017). Aplikasi mobile Augmented Reality berbasis Vuforia dan Unity pada pengenalan objek 3D dengan studi kasus gedung m Universitas Semarang. Jurnal Transformatika, 14(2), 86-91.
Permana, A Yudi, Puji, Romadlon. 2019. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Menggunakan Metode SDLC Pada PT. Mandiri Land Prosperous Berbasis Mobile, Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, 10(2): 153-167.
Rosni, N. S., Kadir, Z. A., Mohamed Noor, M. N. M., Abdul Rahman, Z. H., & Bakar, N. A. (2020). Development of mobile markerless augmented reality for cardiovascular system in anatomy and physiology courses in physiotherapy education. Proceedings of the 2020 14th International Conference on Ubiquitous Information Management and Communication, IMCOM 2020, 1–5. https://doi.org/10.1109/IMCOM48794.2020.9001692
Hidayat, Dedi, Dedy Irfan. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Denah Kampus Universitas Negeri Padang Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Voteknika, 6(2), 76-84.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).