PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL

Main Article Content

Dekri Vianto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang dimotivasinya siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Dampak kurangnya aktivitas siswa tersebut juga terlihat pada hasil ujian semester I tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini ingin mengetahui peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing di kelas V SD Negeri 11 Batabuah Koto Baru. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa dari observer yang mengamati sebanyak 2 kali pertemuan sebagai berikut: 50% untuk indikator menjawab pertanyaan, 43,18% untuk indikator mengemukakan pendapat, 56,82% untuk indikator membuat pertanyaan, dan 50% untuk indikator menyelenggarakan permainan, serta rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 56,84%. Sedangkan pada siklus II rata-rata persentase yang diperoleh observer yang mengamati sebanyak 2 kali pertemuan adalah 84,09% untuk indikator menjawab pertanyaan, 68,18% untuk indikator mengemukakan pendapat, 84,09% untuk indikator membuat pertanyaan, dan 84,09% untuk indikator menyelenggarakan permainan, serta rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus II adalah 80,11%. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Vianto, D. (2020). PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 658-669. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.518

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Asma, Nur. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Press.
Delfiani. 2010. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TI&K Kelas VII di SMPN 8 Pariaman”. Skripsi. Padang: Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BNSP.
Desfitri, Rita, dkk. 2008. “Peningkatan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII2 MTSN Model Padang Melalui Pendekatan Kontekstual”. Laporan Pengembangan Inovasi Pembelajaran di Sekolah (PIPS). Padang: FKIP Universitas Bung Hatta.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Muslich, Masnur. 2009. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontektual. Jakarta: Bumi Aksara.
Pebriyenni. 2009. Pembelajaran IPS II (Kelas Tinggi). Padang: Kerjasama Dikti-Depdiknas dan Jurusan PGSD FKIP Universitas Bung Hatta.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sapriya, dkk. 2006. Pembelajaran dan Hasil Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI Press.
Sudjana, Nana. 2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsindo.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syam, Miraswati. 2010. ”Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS Melalui Penggunaan Media Grafis Kartu”. Skripsi. Padang: FIP-UNP.
Wiraatmadja, Rochiati. 2007. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Internet
Achmad, Arief. 2005. “Pembelajaran Pendidikan IPS di Tingkat Sekolah Dasar”. Tersedia di http://re-searchengines.com/0805arief7.html. .