Pelaksanaan Pengembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang

Authors

  • Adinda Aulia Rezka Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Sri Hartati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5191

Keywords:

Pelaksanaan, Karakter Disiplin, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pelaksanaan pengembangan karakter disiplin anak di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif, Subjek penelitian  adalah  anak  di  Taman  Kanak-kanak  Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang  dan informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan yaitu observasi, wawancara, Tanya Jawab, dan pengambilan dokumentasi. Hasil dari penelitian Pelaksanaan pengembangan karakter disiplin pada anak usia dini adalah sebagai berikut : a) disiplin waktu b) disiplin berpakaian c) disiplin sikap. Pelaksanaan pengembangan karakter disiplin pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang sudah dilaksanakan dengan baik. Pelaksanaan pengembangan karakter disiplin anak usia dini di Taman Kanak-kanak angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan, metode keteladanan, dan metode praktik dan perbuatan. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengembangan karakter disiplin di Taman Kanak-kanak angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang yaitu dalam disiplin waktu, pada disiplin waktu ini tidak semua anak bisa datang kesekolah tepat pada waktunya.

References

Abidin, A. Mustika. 2018. Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Kependidikan. Volume 12 Nomor 2.

Arifin, B.S dan Rusdiana, A. 2019. Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia.

Aulina, Choirun Nisak. 2013. Penanaman Disiplin Anak Pada Anak Usia Dini.

DIRJEN PAUDNI. 2012. Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal.

Djuanda, Isep & Hikmah Maryliana. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini (Penelitian di Raudhatul Atfhal Nurul Ikhlas Depok). Journal of Islamic Education.Volume 2 (2).

Hani, Alya Amarul. 2019. Evaluasi Pembelajaran Pada PAUD. Jurnal CareChildren Advisory Research and Education 7 (1).

Hartati, Sri., & Zulminiati, Z. 2020. Fakta-fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2), 1035-1044.

Kahar, M. Ikhsan. 2019. Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. Jurnal Musawa. Volume 1 Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.24239/msw.v11i1.446.

Megawangi, Ratna. 2015. Pendidikan Karakter. Depok: Indonesia Heritage Foundation

Mulyasa, 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurlaili. 2019. Implementasi Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Khairin Medan Tembung. Jurnal Raudhah. Volume 07 (01).

Pedagogia: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 1 Februari. Diakses Pada 22 Desember 2018.

Wibowo, A. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

01-02-2023

How to Cite

Aulia Rezka, A., & Hartati, S. (2023). Pelaksanaan Pengembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 944–952. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5191

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check