Rancang Bangun Augmented Reality 3 Dimensi untuk Promosi Perumahan Archivelo

Authors

  • Alif Fatkhur Rojiq Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia
  • Bayu Ramadhani Fajri Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Negeri Padang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5200

Keywords:

Promosi, Augmented Reality, Markerless, Unity

Abstract

Perkembangan teknologi semakin maju, mempromosikan perumahan dapat menggunakan teknologi. Teknologi computer vision merupakan kecerdasan buatan yang sangat cepat. Salah satu teknologi yang sedang berkembang adalah Augmented Reality, yang menghubungkan dunia nyata dan virtual serta dapat digunakan sebagai media periklanan yang menarik. Tujuan dari penelitian adalah merancang aplikasi Augmented Reality 3 dimensi untuk promosi perumahan. Ada beberapa tahap yang dilakukan untuk merancangnya, pada tahap analisis terdapat tahap analisis masalah, analisis gambaran umum, analisis kebutuhan non-fungsional, dan analisis kebutuhan antarmuka. Metode yang digunakan dalam aplikasi Augmented Reality adalah metode markerless. Pengujian aplikasi menggunakan uji validitas. Berdasarkan hasil penelitian maka aplikasi Augmented Reality pada Aspek Desain Media, Perangkat Lunak, dan Manfaat media mendapat hasil penilaian 73.5%. Persentase tersebut menyatakan aplikasi layak untuk digunakan.

References

Adnin, S. (2021). Pembuatan Aplikasi Catalog 3d Desain Rumah Sebagai Sarana Promosi Dengan Menggunakan Unity 3d (Bahasa C#) (p. 11).

Azuma, R. T. (2014). A Survey Of Augmented Reality: Presence Teleoperators and Virtual Environments Hughes Research Laboratories. Chapel Hill: University of North Carolina.

F. Listianto, F. Fauzi, R. Irviani, K. Kasmi, G. G. (2017). Konveksi Seragam Drumband Di Pekon Klaten Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Program Studi Manajeman , STIE Trisna Negara , OKU Timur. Jurnal TAM(Technology Acceptance Model), 8(2), 146–152.

Firdaos, A. (1997). Permintaan dan Penawaran Perumahan. Jurnal Survey Dan Penilaian, 7.

Kahfi, M. Al. (2020). Aplikasi digital marketing perumahan dengan augmented reality instant tracker dan gyroscope sensor berbasis mobile (studi kasus: Perumahan Pamulang …. In Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Kamelia, L. (2015). Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata. IX(1).

Kristanto, M. E., Rosyidah, U., Komputer, F. I., & Nuswantoro, U. D. (2014). Perumahan Bukit Violan Jaya Semarang. 1–5.

Kristian, M. E. (2015). Implementasi Augmented Reality Untuk Cerita Rakyat Malin Kundang Berbasis Perangkat Bergerak. Implementasi Augmented Reality Untuk Cerita Rakyat Malin Kundang Berbasis Perangkat Bergerak, 05, 82–87.

Muntahanah, M., Toyib, R., & Ansyori, M. (2017). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis mobile (Studi Kasus Pt. Jashando Han Saputra). In Pseudocode (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.33369/pseudocode.4.1.81-89

Panjaitan, M., & Hutagalung, S. N. (2019). Perhitungan Biaya Promosi Dan Volume Penjualan Pada Suatu Perusahaan Dengan Metode Analisis Regresi Linear Dan Korelasi. Seminar Nasional Sains&Teknologi Informasi (SENSASI), 108(4), 103–108.

Rizki, Y. (2012). Markerless Augmented Reality Pada Perangkat Android. Digital Library Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2(1), 35–46.

Rusliyawati, L. R., Wantoro, A., & Nurmansyah, A. (2020). Penerapan Augmented Reality (Ar) Dengan Kombinasi Teknik Marker Untuk Visualisasi Model Rumah Pada Perum Pramuka Garden Residence. Jurnal Teknoinfo, 14(2), 95. https://doi.org/10.33365/jti.v14i2.654

Yulsilviana, E., Basrie, B., & Saputra, A. W. (2017). Implementasi Augmented Reality Pemasaran Rumah Pt. Rika Bersaudara Sakti Menggunakan Metode Marker Based Tracking Pada Brosur Perumahan. Sebatik, 17(1), 11–15

Downloads

Published

06-02-2023

How to Cite

Fatkhur Rojiq, A., & Ramadhani Fajri, B. (2023). Rancang Bangun Augmented Reality 3 Dimensi untuk Promosi Perumahan Archivelo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 976–981. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5200

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check