Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Ispring Suite pada Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur di Kelas XI SMK Negeri 5 Padang

Authors

  • Fikrul Aziz Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang , Indonesia
  • Refdinal Refdinal Dosen Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5206

Keywords:

Android, Aplikasi Ispring Suite, Teknik Gambar Manufaktur

Abstract

Perkembangan zaman yang pesat memicu pembaruan strategi dalam proses pembelajaran. Salah satunya pada Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bebasis Android menggunakan Aplikasi Ispring Suite pada Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur di Kelas XI SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Ispring Suite yang valid dan praktis. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan mengacu kepada model 4-D yang terdiri atas empat langkah yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang peserta didik kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 5 Padang. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Sedangkan kepraktisan penggunaan produk didapatkan melalui penyebaran angket kepada peserta didik kelas XI TPM SMK Negeri 5 Padang. Hasil penelitian yang diperoleh dari ahli media menunjukkan persentase 90,6% dengan kategori sangat valid, lalu validasi ahli materi menunjukkan persentase 86,65% dengan kategori sangat valid. Pada aspek kepraktisan dirangkum dari angket respon peserta didik menunjukkan persentase 91,2% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif berbasis Android Menggunakan Aplikasi Ispring Suite layak dan praktis digunkan dalam proses pembelajaran Teknik Gambar Manufaktur di Kelas XI SMK Negeri 5 Padang.

References

Dewi, Ika Parma dkk. Dasar-dasar android studio dan membuat aplikasi mobile sederhana. Bandung:Widina Bhakti Persada Bandung.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Purwanto, M. Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : PT Remaja Risdakarya

Ramadhani, D., Fatmawati, E., & Oktarika, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan Ispring Di Sma Wisuda Kota Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 24. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.119

Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penulisan untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Jakarta : Rajawali Press.

Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan?: Metode, Pendekatan, dan Jenis. In Jakarta: Kencana.

Syaharuddin, Syaharuddin. "Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19." Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19 (2020).

Downloads

Published

11-11-2022

How to Cite

Aziz, F., & Refdinal, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Ispring Suite pada Mata Pelajaran Teknik Gambar Manufaktur di Kelas XI SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16624–16633. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5206

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check