Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Norma Kesopanan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Jambi

Authors

  • Ardilla Yolanda Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidkan Universitas Jambi, Indonesia
  • Rasimin Rasimin Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidkan Universitas Jambi, Indonesia
  • Hera Wahyuni Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidkan Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5266

Keywords:

Norma Kesopanan, Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang ditemukan dilapangan pada saat ini yaitu perubahan tingkah laku yang terjadi pada remaja awal yang dilihat dari cara berbicara  berinteraksi dengan lembut, saling bertegur sapa yang baik dan berperilaku yang sopan dilingkungan, masyarakat dan sekolah yang menjadikan faktor  pendukung yang mempengaruhi norma kesopanan. Hal ini didapatkan dari hasil instrumentasi terhadap siswa, dan wawancara dengan salah satu guru Bimbingan dan Konseling yang ada disekolah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tingkat norma kesopanan siswa didalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dibatasi pada norma kesopanan siswa yang dilihat pada enak aspek yaitu pengajaran orangtua, masyarakat, interaksi dengan guru, teman sebaga kesadaran diri, dan pemahaman sopan santun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Jambi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 139 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah intrumen angket dengan tiga indikator yang dimuat dengan 27 item. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan data diperoleh indikator "faktor lingkungan" masuk dalam kategori "sedang" dengan persentase "58,38%". Pada indikator "faktor sekolah" masuk kategori "Tinggi" dengan persentase "59,57%.  Dan pada indikator "faktor pribadi" masuk kekategori "Sedang” dengan persentase"46,2%". Secara keseluruhan norma kesopanan siswa berada pada kategori sedang dengan persentase(54,3%). Hasil analisis yang diperoleh memberikan implikasi terhadap layanan bimbingan kelompok dan konseling dalam upaya lebih melekatkan dan menanamkan dalam berprilaku sopan santun dalam kehihidupan sehari-hari bahkan dalam hal sekecil apapun. Karena perilaku yang mempengaruhi norma kesopanan sangat berpengaruh didalam diri seseorang dan juga orang yang ada disekitarnya.

References

Afriyanto, F. (2019). Hubungan antara Keteladanan Guru Bk dengan Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas Viii D Smp Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019. Medi Kons, 5(2).

Bakri, B., & Mustafa, A. (2014). Etika dan Profesi Gizi. Graha Ilmu.

Budi Juliandri. (2017). ilmu sosial dan budaya (2nd ed.). Alfabeta.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik Panduan Bagi Orang Tua dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia Sd, Smp< Dan Sma. Remaja Rosdakarya.

Farhatilwardah, Hastuti, D., & Krisnatut, D. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua dan Kontrol Diri. Ilm. Kel. & Kons, 12(2).

Harahap, M. (2016). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Thariqah, 1(2).

Irianto, A. (2004). Statistik untuk Ilmu Sosial?: aplikasi untuk ilmu-ilmu sosial (5th ed.). KENCANA.

Iwan. (2020). Merawat Sikap Sopan Santun dalam Lingkungan Pendidikan. Pendidikan Islam, 4(1).

Lickona, T. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Bumi Aksara.

Martono. (2016). Pembinaan Sikap Sopan Santun Melalui Pemanfaatan Powerpoint Di Sd Muhammadiyah. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) Viii.

Muzak, A. (2019). Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Man 3 Bantul. Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(2).

Payadnya, P. A. A., & Jayantika, G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. BUDI UTAMA.

Pertiwi, H. (2020). Menumbuhkan Sikap Sopan Santun Dalamkehidupansehari – Hari Melalui Layanan Klasikal Bimbingandankonseling Kelas Xi Sma Negeri 3 Sukadana. Inovasi BK, 2(2).

Rifai. (2016). Classroom Action Research In Christian Class ( Penelitian Tindak Kelas Dalam PAK ). BornWin’S Publishing.

Sihombing, R. A., Hutagalung, J. F., & Lukitoyo, P. S. (2020). Analisis Pemahaman Dan Pembinaan Norma Sopan Santun Melalui Pkn Pada Anak Sekolah Gbi Sukma Medan. Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2).

Sitorus, R. (2021). Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI. Of Education Action Research, 5(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. ALVABETA, cv.

Suryani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. Mitra Pendidikan, 1(1).

Sutja, A., Emosda, Herlambang, S., & Nelyahardi. (2017). Penulisan Skripsi. Wahana Resolusi.

Uno, H. B., & Kuadrat, M. (2014). Mengelolah Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Bumi Aksara.

Zubaedi. (2011). Desain pendidikan karakter Konsepsi san Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. K E N C A N A PRENASA MEDIA GROUP.

Hanifah, R. (2021). Melemahnya Sikap Sopan Santun Dikalangan Peserta Didik Di Era Globalisasi. http://www.majalahlarise.com. melemahnya-sikap-sopan-santun.html.akses:07-2017.

Agustian, W. (2018). Hilangnya Sopan Santun Siswa. https://edukasi.okezone.com. hilangnya-sopan-santun-siswa.akses:05-12-2018.

Khadafi, U. M. (2022). Lunturnya Budaya Sopan Santun Anak-anak Masa Kini. https://www.indonesiana.id. lunturnya-budaya-sopan-santun-anak-anak-masa-kini.akses:26-10-2022

Downloads

Published

05-01-2023

How to Cite

Yolanda, A. ., Rasimin, R., & Wahyuni, H. . (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Norma Kesopanan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 79–86. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5266

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check