Penerapan Teknik Role Play untuk Mereduksi Prokrastinasi Akadeik Siswa Kelas VIII melalui Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 01 Kota Jambi

Authors

  • Linda Lasmiati Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Nelyahardi Gutji Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Fellicia Ayu Sekonda Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Affan Yusra Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5276

Keywords:

Prokrastinasi Akademik Siswa, Role Play

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan penundaan yang tidak berguna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan (PTL).Penelitian ini dibatasi pada permasalahan mereduksi prokrastinasi akademik siswa dengan menggunakan teknik Role Play yang diberikan kepada 8 siswa kelas VIII F SMP Negeri 01 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus 6 kali tindakan yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Untuk melihat proses dari siklus yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data menggunakan observasi dan didukung oleh kriteria keberhasilan.  Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik role play dapat mereduksi atau mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Dari tiga siklus yang dilaksanakan, siklus ketiga memiliki hasil terbaik yaitu kriteria keberhasilan meningkat mencapai 89% dengan ketepatan pelaksanaan teknik  yang dilakukan peneliti berdasarkan penilaian kolabolator sebesar 98,8% dan rata-rata keaktifan siswa dalam proses penerapan teknik mencapai 2,96 dimana mendekati sempurna yaitu 3. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi trobosan bagi praktisi  bimbingan dan konseling untuk mengembangkan ilmu dalam membantu siswa mereduksi prokrastinasi akademik.

References

Basri, H. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Pole Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas V SDN 032 Kualu Kecamatan Tambang. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. No. 1 .Volume 1 hal 42.

Efendi, F & Makhfudli. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta. Salemba medika.

Faizatis, N, S, 2021. Menjadikan Peserta Didik SMK Gemar Berwirausaha. Jawa Timur Pemeral Edukreatif.

HarahapPinta Ito.2020.Hubungan Regulasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa di SMAN 1 Sunggal. JurnalIlmiah Magister Psikologi, 3(2) 2021:196-219).

Hidayah, N & Adi Atmoko, 2014. Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan. Malang. Gunung Samudra.

Makhinudin, 2019. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi pada Mahasiswa di Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu kesehatan. Skripsi. Magelang. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Marlynda, Lilies. 2017. Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi perilaku menyimpang berpacaran siswa. Jurnal bimbingan konseling 3, no.1hal 40-57.

Prayitno & Ermant Amti, 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta. PT Renika Cipta.

Rasimin & M. Hamdi, 2018. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Riansyah H, Hengki Satriana & Astriyaningsih, 2018. Bimbingan kelompok teknik role play untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa. Jurnal konseling. Volume 4. Hal 73.

Rahman Abdu. 2019. Pengaruh teknik role playing pada bimbingan kelompok terhadap berkurangnya perilaku bulliying siswa bermasalah di SMA negeri 1 Barru. Jurnal bimbingan konseling. No. 02 Volume 6 hal 58.

Sutja, A dkk, 2017. Penulisan Skripsi. Yogyakarta. Wahana Resolusi.

Harahap, Pinta Ito.2020.Hubungan Regulasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa di SMAN 1 Sunggal. JurnalIlmiah Magister Psikologi, 3(2) 2021: 196-219).

Downloads

Published

05-01-2023

How to Cite

Lasmiati, L. ., Gutji, N. ., Sekonda, F. A. ., & Yusra, A. . (2023). Penerapan Teknik Role Play untuk Mereduksi Prokrastinasi Akadeik Siswa Kelas VIII melalui Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 01 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 175–184. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5276

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check