Information Technology Infrastructure Hardware Device Learning Application Uses Augmented Reality

Authors

  • Dol Frialdo Universitas Neger Padang, Indonesia
  • Resmi Darni Universitas Neger Padang, Indonesia
  • Yasdinul Huda Universitas Neger Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5286

Keywords:

Peserta Didik, Praktikum Perangkat Keras Infrastruktur Teknologi Informasi, Unity, Augmented Reality, Markerless, Studio

Abstract

Mahasiswa kesulitan untuk belajar dengan berani karena alat untuk belajar praktikum perangkat keras Infrastruktur Teknologi Informasi khususnya perangkat keras Infrastruktur Teknologi Informasi tidak tersedia di rumah masing-masing, sehingga diperlukan aplikasi yang dapat mendukung kekurangan tersebut, oleh karena itu diperlukan aplikasi pembelajaran perangkat keras merancang Infrastruktur Teknologi Informasi menggunakan augmented reality dalam pembelajaran perangkat keras Infrastruktur Teknologi Informasi, aplikasi penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran tentang materi perangkat keras Infrastruktur Teknologi Informasi dan komponen-komponennya pada mata pelajaran perangkat keras Infrastruktur Teknologi Informasi. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan metode Development Life Cycle (MDLC). Augmented reality dibuat dengan metode markerless berbasis android menggunakan software Unity engineering, dan 3D blender adalah software untuk membuat objek 3D untuk perangkat dan komponen hardware Infrastruktur Teknologi Informasi, text-editor yang digunakan untuk script Unity adalah Visual Studio Code yang menggunakan bahasa C# , untuk membuat icon menu menggunakan software Paint tool sai. Aplikasi ini akan memperkenalkan 7 perangkat hardware Infrastruktur Teknologi Informasi yaitu komputer, mouse, keyboard, printer, server, speaker, wifi dalam bentuk augmented reality.

References

Rohim, Iim Abdul, Putra Jaya. 2019. "Designing and Making Augmented Reality Learning Media in Electronic Engineering Teaching". VOTECHNIC. Volume 7 (3). hlm. 129-135.

Mauludin, Rizqi, Anggi Srimurdianti Sukamto, Hafiz Muhardi. (2017). Application of Augmented Reality as a Digestive System Learning Media in Humans in Biology Subjects. JEPIN. 3(2). hlm. 117-123llu.

Mahendra, Ida Bagus, 2016. Implementation of Augmented Reality (Ar) Using Unity 3d and Vuporia Sdk. Scientific Journal of Computer Science, Udayana University. Volume 9(1). hlm. 1-5.

Hamzah, Saidina, Denny Kurniadi. 2019. Development of Augmented Reality-Based Network Hardware Learning Media on the Android Platform. Votechnic. 7(3), 147-157..

Permana, A Yudi & Puji Romadhon. 2019. “Designing a Housing Sales Information System Using the SDLC Method at PT. Mandiri Land SEJAHTERA Mobile-Based”. SIGMA-Pelita Bangsa Technology Journal. vol. 10 (2). hlm. 155.

Prasetyo, Sigit. 2017. “Development of Android-Based Science Learning Media”. JMI. vol. 1 (1). pp. 121-140.

Surahman, Ritman Ishak Paudi, Dewi Tureni. 2015. "Improving Student Learning Outcomes in Learning Natural Science, Language of Living Creatures and Life Processes Through Contextual Picture Media in Second Grade Students of SD Alkahiraat Towera". Tadulako Online Creative Journal. vol. 3 (4). hlm. 92-107.

Kurnia, Reni, Huda, Asrul, Nurindah Dwiyani. 2015. Development of Android Augmented Reality-Based Magicbook Interactive Media in Training Courses on Application of Peripheral Functions and PC Installation. Votechnica, 3(1), 31-38.

Downloads

Published

06-01-2023

How to Cite

Frialdo, D. ., Darni, R. ., & Huda, Y. . (2023). Information Technology Infrastructure Hardware Device Learning Application Uses Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 244–251. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5286

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check