Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Menghadapi Ujian pada Siswa di SMP Negeri 8 Muaro Jambi

Authors

  • Sylvia Vannesa Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan, Universitas Jambi , Indonesia
  • Akmal Sutja Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan, Universitas Jambi , Indonesia
  • Fellicia Ayu Sekonda Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan, Universitas Jambi , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5293

Keywords:

Konsep Diri, Kecemasan Menghadapi Ujian

Abstract

Konsep diri, khususnya konsep diri dalam bidang akademik memiliki kaitan yang erat terhadap perilaku belajar. Permasalahan yang masih kerap terjadi pada siswa salah satunya ialah kecemasan menghadapi ujian. Hal yang sama terjadi di SMP Negeri 8 Muaro Jambi, salah satu permasalahan siswa adalah tidak yakin akan dirinya sendiri, rasa optimis rendah, dan kondisi psikis yang buruk pada persoalan akademik. Siswa mengaku mengalami gangguan kecemasan secara psikis karena merasa ujian adalah beban, sehingga mereka merasakan ketakutan, khawatir, malu apabila gagal, remedial, atau bahkan tidak naik kelas. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara konsep diri dengan kecemasan menghadapi ujian pada siswa. Jenis penelitian tergolong korelasional, dengan sampel penelitian sebanyak 93 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan korelasi pearson product moment. Hasil analisis membuktikan bahwa: 1) konsep diri siswa berada pada tingkat yang tinggi dengan persentase sebesar 62,5%, 2) kecemasan dalam menghadapi ujian siswa berada pada tingkat yang sedang dengan persentase sebesar 52,7% dan 3) pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat hubungan negatif dan berarti antara konsep diri dengan kecemasan menghadapi ujian pada siswa di SMP Negeri 8 Muaro Jambi.Temuan ini memberikan implikasi terhadap Bimbingan dan Konseling di sekolah untuk menjadi lebih aktif untuk mengembangkan  layanan  untuk meningkatkan  konsep  diri,  serta  melakukan  konseling individual  maupun  kelompok  teman  sebaya.

References

Agustiani, H. (2006). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: Refika Aditama

Delvinasari, D. M. (2015). Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan siswa menghadapi ujian akhir sekolah pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah II Malang.

Hutagalung, I. (2007). Pengembangan Kepribadian: Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif. Jakarta: PT Indeks.

Mayang , A.D. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecemasan Umum Pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi, 10, (2).

Permana, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Pengapian Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran di SMK Ma’arif Salam Magelang. Laporan Penelitian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Permatasari, D.V., & Saladin G. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Komitmen Organisasi melalui Kepuasan Kerja Karyawan PT. Bank Panin, Tbk Banjarbaru. Jurnal Bisnis dan Pembangunan. Vol. 6 No. 1.

Prawoto, (2010). Hubungan antara konsep diri dengan kecemasan sosial pada remaja kelas XI SMA Kristen 2 Surakarta.

Sarastika, P. (2014). Manajemen Pikiran untuk Mengatasi Stress, Depresi, Kemarahan & Kecemasan. Yogyakarta : Araska.

Surna, I. N., & Pandeirot, O. D. (2014). Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.

Syamsu. Y. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung : Rizqi Press.

Yuni, L. R. (2020). Pengaruh konsep diri dan kecemasan terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik kelas VII di MTS Darul Muqimin Kota Jawa Pesawaran (UIN Raden Intan Lampung).

Downloads

Published

06-01-2023

How to Cite

Vannesa, S. ., Sutja, A. ., & Sekonda, F. A. . (2023). Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Menghadapi Ujian pada Siswa di SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 299–303. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5293

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check