Pelaksanaan Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Mengajar di SMP Swasta Tut Wuri Handayani

Authors

  • Maesy Romaito Purba Prodi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas HKBP Nomensen , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5304

Keywords:

Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi

Abstract

Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang melibatkan mahasiswa di setiap kampus dari berbagai latar belakang pendidikan untuk membantu proses belajar mengajar di sekolah khususnya pada jenjang SD dan SMP di daerah 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan) . Program ini dibuat untuk memberikan kesempatan mengajar kepada mahasiswa dengan keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru pada sekolah dalam mengembangkan model pembelajaran sehingga berdampak pada pembelajaran literasi, numerasi, adaptasi teknologi, dan juga membantu  administrasi di sekolah sasaran.  Metode penelitian yang digunakan dalam jurnal ini yaitu metode pendekatan kualitatif  deskriptif yang dilakukan di SMP Swasta Tut Wuri Handayani dengan objek seluruh siswa /i SMP Swasta Tut Wuri Handayani dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi laporan kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif.  Melalui program Kampus Mengajar diharapkan  dapat menjadi inspirasi bagi para peserta didik dan sekolah SMP Tut Wuri Handayani untuk memperluas  wawasan dan cita-cita  mereka dalam pembelajaran literasi, numerasi,  adaptasi terknologi dan dalam membantu administrasi di sekolah sasaran.

References

Kemendikbud. (2020). Buku Pegangan Mahasiswa Kampus Mengajar Perintis. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2021). Buku Pegangan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2. Jakarta: Kemendikbud.

Nurhasanah, Anggun Diyan, and Heni Nopianti. (2021). “Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah.” SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 3:166–73.

Dwi Etika, Erdyna, Sevia Cindy Pratiwi, Dwike Megah Purnama Lenti, and Dina Rahma Al Maida. (2021). “Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi Di Sdn Dawuhan Sengon 2.” Journal of Educational Integration and Development 1(4):2021.

Downloads

Published

07-01-2023

How to Cite

Purba, M. R. . (2023). Pelaksanaan Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Mengajar di SMP Swasta Tut Wuri Handayani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 369–374. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5304

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check