Pengaruh Keterampilan Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII dan VIII di SMP Negeri 25 Kota Jambi

Authors

  • Triyanti Triyanti Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Rasimin Rasimin Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Rully Andi Yaksa Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5333

Keywords:

Motivasi Belajar, Keterampilan Sosial

Abstract

Motivasi belajar adalah suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu, adapun unsur yang mempengaruhi motivasi belajar adalah kondisi lingkungan siswa bisa dalam berbentuk kondisi alam, lingkungan tempat tinggal, pergaulan teman sebaya, serta kehidupan kemasyarakatan. Keterampialn sosial adalah kemampuan seseorang dalam beradaptasi secara baik dengan lingkungan dan menghindari konflik saat berkomunikasi baik secara verbal dan nonverbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari keterampilan sosial terhadap motivasi belajar pada siswa di kelas. Agar penelitian ini tidak menyimpang dengan yang dimaksud maka dibatasi dalam motivasi belajar dilihat dari ketertarikan, perasaan senang, keterlibatan belajar anak, sedangkan  untuk keterampilan sosial dibatasi dengan menjalin hubungan, menyatakan pendapat, dan kemampuan manajemen diri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 25 Kota Jambi sebanyak 373 siswa. Penarikan sampel di ambil sebanyak 101 orang Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu Random Sampling dengan acuan Intrapolasi sebagai penentu persen.

References

Alpian Yayan Dan Mulyani Ranti. 2020. Hubungan Keterampilan Sosial Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas. Karawang: Universitas Buana Perjuangan. (Vol. 6 No. 1)

Amalia Erit Rina Fadillah. 2013. Stres Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Mulawarman Yang Sedang Menyusun Skrispi. Jurnal Psikoborneo. Samarinda: Universitas Mulawarman Samarinda. (Vol.1, No.3)

Amna Emda. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. (Vol. 5 No. 2)

Anggun. P. D, Yovitha. Y & Desi Maulia. 2021. Interaksi Sosial Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. Semarang: Universitas PGRI Semarang. (Vol. 5 No.2)

Chafidhatul Ulum. 2018. Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Kulon Progo: MI Muhammadiyah Selo. (Vol. 10 No. 02)

Davis.https://www.psychologymania.com/2013/05/faktor-faktor-yang mempengaruhi_21.html. Akses 13-06-2022.

Dimyati & Mudjiono. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Juni Prastika. 2021. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Anak Panti Asuhan Yatim Aisyiyah Muhammadiyah Kota Jambi. Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi.

Karina Ayu Lestari & Nailul Fauziah. 2016. Hubungan Antara Konformitas Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Di Sma Muhammadiyah Kudus. Jurnal Empati. Semarang: Universitas Diponegoro. (Vol. 5, No. 4)

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maryam Muhammad. 2016. Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Aceh: Mts Negeri Tungkob Darussalam Kabupaten Aceh Besar. (Vol. 4 No. 2)

Mumpuni. K. E, Herawati. S, Susriyati. M & Yayuk. P. 2014. Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Penerapan TGT-GI Berbasis Lesson Study. Jurnal Bioedukasi. Malang: Universitas Negeri Malang. (Vol. 7 No. 1)

Mustaqim & Wahib. A. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Neli. Y, Sri. S & Sumarsih. 2016. Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Bermain Pembangunan Pada Anak Usia Dini Di Kelompok B Raudhatul Athfal Habibilah Pekik Nyaring Blok III Bengkulu Tengah. Jurnal Ilmiah Potensial. (Vol. 1 No. 2)

Putri Admi Perdani. 2013. Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Permainan Tradisional Pada Anak TK B. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Jakarta Timur: Universitas Negeri Jakarta. (Vol.7 No.2)

Rully, Andi. Y. 2017. Hubungan Penggunaan Internet Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Moral Remaja Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang. Artikel.

Sanny, Bisma. I & Dewi, Ratna. K. 2020. Pengaruh Net Interest Margin (NIM) Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk Periode 2013-2017. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis). Bandung: Politeknik Piksi Ganesha Bandung. (Vol. 4 No. 1)

Sari Putri. A, Iis. N & Arsyi. R. A. 2020. Peningkatan Ketrampilan Sosial Siswa Model Make A Match Di Kelas Tinggi. Jurnal Perseda. Sukabumi: Universitas Muhammadiyah Sukabumi. (Vol. 3 No. 1)

Suharmini. T, Purwandari, Aini. M, & Heri. P. 2017. Pengembangan Pengukuran Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Inklusif Berbasis Diversity Awareness. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Vol. 10 No. 1)

Sutja, A. 2017. Penulisan Skrripsi Untuk Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Wahana Resolusi.

Ulum. C. 2018. Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Kulon Progo: MI Muhammadiyah Selo. (Vol. 10 No. 2)

Yunalia, E. M & Etika. A. N. 2020. Remaja dan Konformitas Teman Sebaya. Malang: A

Downloads

Published

10-01-2023

How to Cite

Triyanti, T., Rasimin, R., & Yaksa, R. A. . (2023). Pengaruh Keterampilan Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII dan VIII di SMP Negeri 25 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 577–584. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5333

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check