Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire untuk Meningkatkan Minat Belajar siswa di SMP Gema Buwana
DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5347Keywords:
Lectora Inspire, ADDIE, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mewujudkan media pembelajaran yang memanfaatkan aplikasi lectora inspire untuk menumbuhkan minat belajar siswa di SMP Gema Buwana dengan tolak ukur yang valid, praktis, dan efektif dalam pelaksanaannya di kelas. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) model ADDIE. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMP Gema Buwana. Objek pada penelitian ini media pembelajaran menggunakan aplikasi lectora inspire. Hasil dari penelitian ditemukan (1) media pembelajaran yang memanfaatkan aplikasi lectora inspire untuk menumbuhkan minat belajar siswa di SMP Gema Buwana dengan tolak ukur yang valid dengan perolehan persentase 89, 33% untuk media dan 91, 66% untuk materi kategori “Sangat Layak”. (2) Penilaian pada kepraktisan media kategori “Sangat Praktis” oleh guru yaitu 96% dan oleh siswa pada uji kelompok kecil yaitu 88% dan untuk siswa pada uji kelompok besar yaitu 85, 16%; (3) Keefektifan pada media dari angket minat belajar yang disebarkan dengan persentase 82, 21% yang dikategorikan “Baik” dan persentase dari angket respon positif siswa yaitu 88, 75%.
References
Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal IDAARAH. 3(2): 205 – 215.
Akbar, S. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Sosial. Jakarta: Cipta Media.
Akbar, Amin & Noviani, N. (2019). Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Prosiding Seminar Nasional.
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science Integration. 2(2): 191-202.
Anggraeni, Sri, W., Alpian, Yayan., Prihamdani, Depi., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU. 5 (6): 5313 – 5327.
Anggraini, & Yenni, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran e-Book Novelmatika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Statistika. Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran. 1 (1): 35 – 48.
Apryani, D. D & Sirai, E. D. (2021). Pengembangan Instrumen Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika. Susunan Artikel Pendidikan (SAP). 6 (1): 99-104.
Athiyah, U. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester II Kelas X SMA Berbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan. 6 (1): 41 – 46.
Dewi, N. P., Sudiatmika, A. A., & Wiratma, I. G. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannnya Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Matematika, Sains dan Pembelajarannya. 13(2), 49 – 61.
Ekayani, N. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. 1.
Hasan, M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Hima, & Lina, R. (2019). Pengembangan MILEA (Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Software Lectora Inspire) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Proceeding of Biology Education. 3 (1): 134 – 139.
Kosassy, S. (2019). Mengulas Model-Model Pengembangan Pembelajaran Dan Perangkat Pembelajaran. Jurnal PPKn & Hukum. 14 (1): 152-173.
Kristiawan, M. (2014). A Model For Upgrading Teachers Competence on Operating Computer as Assistant of Instruction. Global Journal Of Human Social Science Research.
Kustandi, C & Darmawan, D. (2020). Konsep Dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah Dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.
Mahmudah, A., Pustikaningsih, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Jurnal Penyesuaian Untuk Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 17 (1): 97 – 111.
Mandasari, D., Rahman, K & Faishol, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire. Jurnal Pendidikan Islam. 13 (1): 37 – 55.
Marlissa, I. (2016). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Buti Merauke. Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan. 3 (1): 30 – 42.
Novianti, D. A. (2015). Pengembangan Modul Akuntansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintific Sebagai Pendukung Implementasi K-13 di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan. 3(1): 1 – 8.
Nurdynsyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Nurhasanah, S & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Drterminan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1 (1): 128 -135.
Prawidia, I., Khusna, Hikmatul. (2021). Pengaruh Suasana Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika. 14 (2): 192-207.
Ramli, M. (2012). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Kalimantan Selatan: IAIN Antasari Press.
Rayanto, Y. H., Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Rofek, A., Zehro, L. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran BUZZ Grup Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD Negeri 2 Seletreng Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS. 9 (1): 54 – 62.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Shalikhah, N., Primadewi, A., Iman, M. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Jurnal Warta LPM. 20(1): 9-16.
Shalikhah. N. D. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Cakrawala. 11(1): 101 – 115.
Simbolon, Naeklan. (2014). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal PGSD FIP UNIMED. 1 (2): 14 -19.
Sirait, Erlando. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 6 (1): 35 – 43.
Siregar, Helmi F., Siregar, Yustira H., Melani. (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi. 2 (2): 113 – 121.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2 (2): 103 – 114.
Tegeh, M & Ketut. P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV.
Yoto., Zulkardi., Wiyono, Ketang. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Teori Kinetik Gas Berbantuan Lectora Inspire Untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika. 2 (2): 211 – 219.
Zuhri, M. Saifuddin., Rizaleni, E. Agisara. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire Dengan Pendekatan Konstektual Pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Phytagoras. 5 (2): 113 – 119.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Yaminiati LaseAuthors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).