Analisis Validitas Media Video Materi Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Kuliah Strategi dan Desain Pembelajaran Biologi

Authors

  • Mutia Zulfariyanti Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Vivi Fitriani Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia
  • Liza Yulia Sari Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas PGRI Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5369

Keywords:

Media Video, Pengembangan 4D, Validitas

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan dosen pengampu mata kuliah Strategi dan Desain Pembelajaran Biologi Universitas PGRI Sumatera Barat diperoleh informasi bahwa salah satu media pembelajaran adalah video. Langkah-langkah model pembelajaran pada video tidak sesuai dengan buku pedoman pembelajaran yang digunakan. Akibatnya, siswa tidak memahami model pembelajaran dan langkah-langkahnya. Sehingga penulis mengembangkan media video pembelajaran yang dirancang khusus sesuai dengan teori agar siswa lebih memahami model pembelajaran kooperatif dan langkah-langkahnya. Model pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini merupakan modifikasi dari model pengembangan 4D. Development disingkat menjadi 4D yang merupakan kepanjangan dari Define, Design, Development dan Dissimination. Namun peneliti membatasi hanya pada tahap pengembangan yaitu menganalisis nilai validitas dengan cara menilai validitas kuesioner. Tim penilai terdiri dari 2 orang validator yaitu ahli Strategi dan Desain Pembelajaran dan ahli Media Pembelajaran. Hasil validasi media video dinyatakan sangat valid oleh validator dengan skor 95,49%. Validasi media video oleh dosen meliputi aspek materi, aspek penyajian dan aspek bahasa dan keterbacaan.

References

Afza, A. (2016). Validitas Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Model Problem Based Learning (PBL) Bermuatan Karakter. Jurnal BioConcetta, 2(1), 128-141.

Anjarwani, Dhian. 2020. “ Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Perubahan Lingkungan dan Dampaknya Bagi Siswa Kelas X IPA SMA. Skripsi. Padang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat.

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).

Budiana, I., Haryanto, T., Khakim, A., Nurhidayati, T., Marpaung, T. I., Sinaga, A. R., ... & Laili, R. N. (2022). Strategi pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia

Gunawan, A., Putra, C. A., & Setiawan, M. A. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Video Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Peserta Didik Kelas X Multimedia Di Smk Karsa Mulya Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(1), 124-127.

Gustinasari, M., Ardi, A., & Lufri, L. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis konsep disertai contoh pada materi sel untuk siswa sma. Jurnal Bioeducation, 1(1), 60-73.

Juniawati, L. A. (2016). Validitas Media Video pada Materi Siklus Hidup Jamur Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 5(3).

Riduwan. Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Yanti, Febri, dkk. 2018. Handout Strategi dan Desain Pembelajaran Biologi: disertai Mindmap. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma pembelajaran biologi di era digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12-17.

Downloads

Published

03-02-2023

How to Cite

Zulfariyanti, M. ., Fitriani, V. ., & Sari, L. Y. . (2023). Analisis Validitas Media Video Materi Model Pembelajaran Kooperatif pada Mata Kuliah Strategi dan Desain Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 891–895. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5369

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.