Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 10 Padang

Authors

  • Safira Amalia Razak Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Ahmad Rivauzi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5370

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran, PAI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ntuk mendeskripsikan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK N 10 PADANG dan menjelaskan aspek-aspek yang mempengaruhi Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK N 10 PADANG. Penelitian ini merupakan penelitian yang dianalisa secara deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMK N 10 Padang dan dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis data dengan menguraikan proses pelaksanaan dan penyatuan secara sistematis berupa transkip-transkip wawancara, catatan lapangan, dan bahan lainnya yang mendukung penelitian ini. Dari hasil analisis dapat diperoleh kesimpulan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 10 Padang sudah efektif yang dilihat dari proses dan hasil pembelajaran. Setelah proses pembelajaran terlaksana didapatkanlah hasil pembelajaran di kelas XI TKPI adalah diatas rata-rata dengan SKBM 75. Ini menunjukkan kemampuan peserta didik memuaskan. Dengan dinyatakannya sudah efektif dan memuaskan diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta kerja sama dengan orang tua untuk mendorong siswa berakhlak mulia dan menunaikan kewajibannya dalam beribadah.

References

Djollong Andi Fitriani dan Amrullah.(2021). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Di Smp Muhammadiyah Parepare. Al-Ibrah X(02), 20.

Indrawati, Titi.(2019). Efektifitas Pembelajaran PAI Pada Paket C Kelas Xi Di Pkbm (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Marsudi Karya Beji Kedungbanteng Banyumas. 12-13.

Masyita, S. (2016). Efektivitas Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Masyarakat untuk Pembuatan E–KTP pada Kantor Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Jurnal Ilmiah Bongaya, 1(1), 236-249.

Margarini, Ika Febrina.(2021). Pembelajaran PAI Berbasis Perkembangan Moral Kognitif Dalam Meningkatkan SQ Peserta Didik. Skripsi. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Masri, Zainal.(2012). Strategi Pembelajaran Afektif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Batusangkar : STAIN Batusangkar.

Nurwati, Andi.(2014). Penilaian Ranah Psikomotorik Siswa Dalam Pelajaran Bahasa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 9(2), 391-393.

Pane, Aprida & Dasopang, Muhammad Darwis.(2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 337-339.

Sarah, Rahma.(2021). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Smkn 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Sutiah, D., & PD, M. (2018). Pengembangan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Uda, S. K. (2012). Pengembangan model pembelajaran kooperatif Handep untuk pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(1), 1-13.

Downloads

Published

03-02-2023

How to Cite

Razak, S. A. ., & Rivauzi, A. . (2023). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 10 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 896–904. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5370

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check