Analisis Penggunaan Media Ejaku (Eja Aku) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa

Authors

  • Ummi Arifah Darmawanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Slamet Riyadi Surakarta , Indonesia
  • Anggit Grahito Wicaksono Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Slamet Riyadi Surakarta , Indonesia
  • Sarafuddin Sarafuddin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Slamet Riyadi Surakarta , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5374

Keywords:

Media Pembelajaran, EJAKU, Keterampilan Membaca

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) mengetahui faktor penghambat keterampilan membaca peserta didik, 2) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media EJAKU (eja aku) dalam proses pembelajaran dan 3) mengetahui kelebihan dan kekurangan media EJAKU (eja aku) dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik. Metode penelitian berupa penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistic, subjek yang digunakan adalah peserta didik kelas 1, guru kelas 1, dan wali murid kelas 1. Sumber data dalam penenlitian ini yaitu data primer yang didapatkan secara langsung dari observasi, wawancara, angket, dan data sekunder didapatkan secara tidak langsung melalui jurnal, dokumentasi, arsip, catatan lapangan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan angket. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa: 1) Faktor penghambat keterampilan membaca peserta didik antara lain guru tidak maksimal dalam memanfaatkan media pembelajaran, sarana prasarana sekolah yang kurang memadahi, kurangnya motivasi dan dukungan dari lingkungan sekitar, orang tua yang masih kurang dalam memperhatikan anaknya saat belajar. 2) Peserta didik merespon baik dengan penggunaan media untuk meningkatkan keterampilan membaca karena penyampaian media EJAKU mudah dipahami peserta didik dan media EJAKU terlihat menarik. 3) Kelebihan dari media EJAKU: a) Media EJAKU terlihat menarik. b) Penggunaan bahasa yang runtut dan sistematis. c) Mudah dibawa kemana-mana. d) Penggunaan media EJAKU mudah dipahami sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Adapun kekurangan dari media EJAKU yaitu membutuhkan waktu yang lama untuk membaca.

References

Nurlatifah, Laila dkk. 2021. “Pembelajaran Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa SD Kelas 1 Dengan Menggunakan Metode Eja” Journal of Elementary Education. Vol. 04 No.01.

Maksum, Akhmad dkk. 2021. “Analisis Keterampilan Membaca Dongeng Peserta didik Sekolah Dasar Serta Relevansinya Dengan Pembelajara Membaca”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 06. No 02.

Melani, Friska Siregar dkk. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Brosur Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Prosedur Kelas XI SMA Swasta Hosana Medan”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 6 (3).

Murtafi’ah dkk. 2021. “Analisis Keterampilan Membaca Permulaan dan Berhitung Pada Peserta didik Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 2. No 2.

Pane, Aprida dkk. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran”. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. Vol. 03 No. 2.

Rafika dkk. 2020. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosidig Konverensi Ilmiah Dasar,2,301-306.

Rahma, Mitra dkk. 2021. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama. Vol.13 No.2.

Simamora, Yumira dkk. 2022. “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Di MTs Laboraturium UINSU Medan”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 6 (3).

Sulaiman, Umar. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Big Book Dalam Pembelajaran Terhadap Keterampilan Literasi Siswa Kelas Awal Madrasah Ibtidaiyah Negeri Banta-Bantaeng Makasar. Jurnal Al-Kalam. Vol IX. No 2.

Sumatri, Made dkk. 2017. ”Penerapan Media Gambar dan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan”. International Journal Of Elemantary Education. 1 (1). 1-10.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

Wijayanto, Refina Petrika & dkk. 2021. “Analisis Penggunaan Media Bigbook Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Assalam Batu”. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Vol 3. No 1.

Downloads

Published

03-02-2023

How to Cite

Darmawanti , U. A. ., Wicaksono, A. G. ., & Sarafuddin, S. (2023). Analisis Penggunaan Media Ejaku (Eja Aku) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 929–935. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5374

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check