Implementasi Mastery Learning (Belajar Tuntas) untuk Mencapai Standar Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMKN 1 Siak Kecil Kabupaten Bengkalis

Authors

  • Agusman Agusman SMKN 1 Siak Kecil, Bengkalis, Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5420

Keywords:

Mastery Learning (Belajar Tuntas), Kompetensi

Abstract

Dalam pelaksanaan kurikulum banyak kendala yang dihadapi, diantaranya guru yang kurang memiliki kompetensi pedagogik dan profesional, juga faktor siswa rendahnya minat dan motivasi dalam mengukuti pembelajaran serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menggambarkan pelaksanan mastery learning untuk mencapai SK dalam pembelajaran PAI di SMKN 1 Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Untuk mengetahui hal tersebut diajukan rumusan masalah bagaimana pelaksanaan mastery learning dalam pembelajaran PAI dan apakah mastery learning bisa menjadi solusi untuk mencapai standar kompetensi siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian lapangan (field research) yakni penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung kelapangan untuk menggali dan meneliti data yang berkenaan dengan judul. Adapun responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran agama Islam dan beberapa siswa, sementara teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMKN 1 Siak Kecil Kabupaten Bengkalis telah melaksanakan strategi mastery learning sebagai upaya pencapaian SK dalam pembelajaran PAI semenjak berlakunya KBK 2004 dan KTSP 2006 namun pelaksanaannya belum maksimal dan perlu peningkatan lebih lanjut, adapun faktor pendukung antara lain ; 1). Bakat (aptitude), 2). Ketekunan belajar (perseverance), 3). Kualitas pembelajaran (quality of intruction), 4). Kesanggupan untuk menerima pelajaran/kecerdasan (ability to learn) dan 5). Kesempatan untuk belajar (time alwoled for learning).

References

Ahmad Tafsir. 1992. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Cresswell, JW. 2008. Planning Conducting, and Evaluating Quantitive and Qualitative Research. United States of Amwririca: pearson Prentice Hall. Third Edition.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta: Dirjen Dikdasmen. Direktorat Dikmenum.

________. Pedoman Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning). 2004. Jakarta: Dirjen Dikdasmen. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Depdikbud. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depag RI. 2004. Standar Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum dan Madrasah. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam.

Djam’an Satori, Aan Komariah. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

E. Mulyasa. 2008. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakterteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

________. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

________. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosdakarya.

E. Juhana Wijaya, A. Tabrani Rusyan. 2003. Konsep dan Strategi Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Intimedia Cipta Nusantara.

Hamzah B. Uno. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

H.M. Arifin. 1993. Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

J. S Badudu, Sutan. Mohammad Zain. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarata: Pustaka Insani Harapan.

John M. Echols, Hasan Shalidy. 2007. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

E. Mulyasa.( 2006) Kurikulum Berbasisi Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya. cet. ke-10. hal. 4.

Kunandar (2011). Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada. cet. ke -7. hal. 333

Muhmidayeli, (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Aditama. cet. ke-1.

S. Nasution.(2009) Berbagai pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. hal. 35

Sugiono (2010) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. hal. 15.

UU. SIKDIKNAS No. 20 Tahun 2003

Wina Sanjaya. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran Tiori dan Praktek Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana. cet. ke-3. hal. 4.

Downloads

Published

11-02-2023

How to Cite

Agusman, A. (2023). Implementasi Mastery Learning (Belajar Tuntas) untuk Mencapai Standar Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMKN 1 Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1308–1317. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5420

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check