PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN “TALKING STICK” TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI STKIP PGRI SUMATERA BARAT.

Main Article Content

Hefni Hefni

Abstract

Sumber daya manusia yang berkualitas ditandai dengan kecerdasan, kreatifitas yang tinggi, memiliki kemampuan pemahaman yang baik, mampu bersaing secara global, dan berkompeten. Berdasarkan hal ini maka perguruan tinggi merupakan wadah yang tepat untuk menghasilkan generasi bangsa yang cerdas , mampu bersaing secara global,dan berkompeten. Untuk bisa menciptakan generasi (mahasiswa) yang cerdas dan berprestasi serta berkompeten, sangat tergantung dari keberhasilan Pendidik dalam mendesain pembelajaran atau menyusun rancangan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran (menyampaikan materi di kelas), , serta keprofesionalan guru dan dosen dalam pengelolaan kelas. Salah satu upaya yang memungkinkan untuk diusahakan dari seorang pendidik dalam hal ini dosen sendiri adalah mencoba menerapkan beberapa variasi dalam hal model pembelajaran. Diantara model pembelajaran yang diperkirakan akan mampu mengatasi permasalahan ini adalah model pembelajaran Talking Stick. Untuk keperluan ini maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat dan menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran “Talking Stick” terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperiment dengan jumlah sampel sebanyak 37 orang mahasiswa yang diperoleh dari teknik total sampling. Data hasil penelitian kemudian diolah dengan menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai  adalah sebesar 15,464. Nilai ini lebih besar dari  yaitu sebesar 2,05. Karena nilai  lebih besar dari  maka dapat dikemukakan bahwa hasil uji hipotesis tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar mata kuliah Sosiologi pendidikan di Prodi pendidikan sosiologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Hasil ini juga diperkuat dengan perolehan nilai Sig. (2-tailed) yang diperoleh sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji hipotesis ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah sosiologi pendidikan di STKIP PGRI Sumbar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hefni, H. (2019). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN “TALKING STICK” TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI STKIP PGRI SUMATERA BARAT. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1658–1672. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.543
Section
Articles of Research

References

Abdullah, Idi. 2011. Sosiologi Pendidikan (Individu, MAsyrakat, Dan Pendidikan). Jakarta: Rajawali Pers.

Anshar Sunyoto Munandar. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia

Armiati dan Dewita Yulna. 2012. Perencanaan Pengajaran. Padang: Program Studi Pendidikan Ekonomi Sekolah TInggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Asri Budiningsih. 2004. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Bafadal. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Nana Sudjana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.

Rusman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2009. Metode Peneliti Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supranto. 2009. Statistik, Teori Dan Aplikasi. Jakkarta: Raja Wali.