Faktor Peningkatan Kinerja Pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh

Authors

  • Roki Febrian Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rifma Rifma Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5458

Keywords:

Lingkungan Kerja, Kepemimpinan

Abstract

Faktor lingkungan kerja dan kepemimpinan, mempengaruhi kinerja pegawai. Masing-masing faktor mempunyai pengaruhnya masing-masing pada setiap karyawan dan pada setiap organisasi masing-masing faktor tersebut mempunyai pengaruh yang berbeda-beda karena tergantung pada keadaan organisasi. Peningkatan kinerja pegawai tidak terlepas dari setiap pegawai yang menunaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi masyarakat sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan organisasi atau lembaga. Tujuan penelitian ini yaitu Faktor lingkungan kerja mempengaruhi kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan mengunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah berjumlah 30 orang pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa; (1) Faktor lingkungan kerja mempengaruhi kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh berada pada kategori baik sekali dengan tingkat capaian responden (TCR) sebesar 85%, (2) Faktor kepemimpinan mempengaruhi kinerja pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh berada pada kategori baik sekali dengan tingkat capaian responden (TCR) sebesar 84,63%

References

Aisah, S. N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Bulletin of Management and Business, 1(2), 42-50.

Cintia, E., & Gilang, A. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Pada KPPN Bandung I. eProceedings of Management, 3(1).

Efendi, R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Economic Edu, 1(1).

Jamaludin, A. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. Kaho Indahcitra Garment Jakarta. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 3(3), 161-169.

Khairizah, A. (2015). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan (studi pada karyawan di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Ma’arif, M. S., Sukmawati, A., & Damayanthy, D. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai: Studi di Perusahaan Daerah Pasar Tohaga Kabupaten Bogor. Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(2), 241-249.

Muizu, W. O. Z., Kaltum, U., & Sule, E. T. (2019). Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Perwira-Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 2(1), 70-78.

Nanzushi, C. (2015). The effect of workplace environment on employee performance in the mobile telecommunication firms in nairobi city county. University of Nairobi.

Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2021). Pengaruh Penerapan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Karo. Jurnal Ilmiah METADATA, 3(1), 308-320.

Norianggono, Y. C., Hamid, D., & Ruhana, I. (2014). Pengaruh lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan (Studi pada karyawan PT. Telkomsel Area III Jawa-Bali Nusra di Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2).

Patiran, A. (2010). Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 5(2).

Priyono, (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: Zifatama Publisher.

Purnamawati, E. (2012). Analisis Kualitas Layanan dengan Metode Servqual dan AHP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Surabaya. Tekmapro: Journal of Industrial Engineering and Management, 3(1).

Rahmawanti, N. P. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2)

Sofyan, D. K. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Kerja Pegawai BAPPEDA. Industrial Engineering Journal, 2(1)

Sudaryo, Y., Aribowo, A., & Sofiati, N. A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Penerbit Andi.

Suharsimi Arikunto, (2010). Manajemen Penulisan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno, Edy. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Downloads

Published

17-02-2023

How to Cite

Febrian, R., & Rifma, R. (2023). Faktor Peningkatan Kinerja Pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1561–1568. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5458

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.