Citra Wanita dalam Bacaan Feminis dari Maya Angelou Wanita Fenomenal

Authors

  • Ediwarman Ediwarman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang Banten , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5461

Keywords:

Citra Wanita, Bacaan Feminis, Wanita Fenomenal

Abstract

Kritikus feminis menganalisis bagaimana perempuan ditampilkan, bagaimana teks didiskusikan relasi gender dan diferensiasi seks. Maya Angelou adalah seorang penulis feminis dan karyanya mencakup perjuangan dan kemenangan seorang wanita kulit hitam di Amerika. Maya Angelou adalah salah satu penyair yang menggunakan puisi sebagai media untuk mengekspresikan dirinya isolasi dari lingkungannya. Maya Angelou melalui puisi Fenomenal Woman menyajikan bahwa seksualitas seorang wanita tidak secara langsung berkaitan dengan wajah cantik. Ini tentang bagaimana perasaan seorang wanita di dalam dirinya sendiri. Puisi ini merayakan kekuatan wanita dan pembicara digambarkan sebagai wanita yang kuat dan percaya diri. Dia kekuatan, perilakunya dan kepercayaan dirinya menjadi misteri batin yang membuatnya menjadi wanita fenomenal.

 

References

Angelou, Maya. The Complete Collected Poems of Maya Angelou. New York: Random House, 1994. Print.

Angelou, Maya. Wouldn't Take Nothing for My Journey Now. New York: Random House, 1993. Print.

Hagen, Lyman. B. Heart of a Woman, Mind of a Writer,and Soul of a Poet: A Critical analysis of the writings of Maya Angelou. Literary Resource Center. U Press of America (1997):. Web 17 March 2018, 4:00 P.M.

Hornby, A S. Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Oxford: Oxford University, 2000. Print.

Lupton, Mary Jane. Maya Angelou: A Critical Companion. Westport, Connecticut: Greenwood Press, 1998. Print

Downloads

Published

18-02-2023

How to Cite

Ediwarman, E. . (2023). Citra Wanita dalam Bacaan Feminis dari Maya Angelou Wanita Fenomenal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1579–1582. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5461

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check