Sejarah Peradaban Islam dan Metode Kajian Sejarah

Authors

  • Mardinal Tarigan UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Fadilani Audry UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Fatimah Az-Zahra Syahida Tambunan UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Putri Pujiati Nuri Badariah UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Tiwi Rohani UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5470

Keywords:

Sejarah, Peradaban Islam, Metode Kajian Sejarah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejarah peradaban islam dan metode kajian sejarah, Pada penelitian sejarah peradaban islam dan metode kajian sejarah ini menggunakan metode (library reseach) dengan mengumpulkan sejumlah buku-buku, majalah, jurnal, lifet yang berkenaan dengan masalah dan tujuan penelitian. Pengumpulan data dengan hasil penelitian terdahulu yang menjadi pendukung data pada tema penelitian sejarah peradaban islam dan metode kajian sejarah dengan proses penelitian dimulai dengan tahapan mengidentifikasi, menemukan informasi yang relevan, menganalisis hasil temuan, dan kemudian mengembangkan dan mengekspresikannya menjadi temuan baru berkaitan dengan sejarah peradaban islam dan metode kajian sejarah. Peradaban sebagai suatu bukti tentang kemajuan dan perkembangan kebudayaan dari masa ke masa. Sedangkan Islam adalah agama samawi yang diturunkan oleh Allah SWT kepada seluruh manusia melalui utusan-Nya yaitu Nabi Muhammad SAW dengan pedomannya yaitu Al-Qur’an dan Hadis. penulisan sejarah peradaban islam menggunakan dua metode yaitu metode penggalian sejarah (historiografi) dan metode sejarah. Metode penggalian sejarah (historiografi) umumnya menggunakan metode yang akurat seperti lisan atau interview, metode observasi yang mengamati secara langsung, serta metode documenter yang mempelajari dengan cermat dan mendalam segala dokumen yang didapatkan. Sedangkan metode sejarah adalah metode yang digunakan setelah dilakukannya metode penggalian sejarah. Metode yang digunakan diantaranya yaitu metode deskriptif(penggambaran), metode kompartif (membandingkan), dan metode analisis sintesis (analisa secara kritis dan menghasilkan kesimpulan).

References

Gottschalk, Louis. (1975), Mengerti Sejarah , diterjemahkan Nugroho Notosusanto Jakarta: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia.

Hardin. (1995). Pengantar ilmu Sejarah. Jakarta: Bumi Aksara

Koentjaraningrat, Bunga. (2004). Rampai Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia.

Mawarid A, Rohi Baalbaki, (1995). Modern Arabic-English Dictionary. Beirut: Dar-E-Ilm Lilmalayn.

Poerwadarminta, WJ.S. (1999). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Pulungan, H. S. (2022). Sejarah Peradaban Islam. Amzah.

Sewan, Anwar, (2017). Buku Ajar Sejarah Peradaban Islam. Pare-pare: STAIN Pare-Pare

Shiddqi, Nourouzzaman . (1981). Pengantar Sejarah Muslim. Yogyakarta: Cakra Donya.

Sulthon Mas’ nd. (2014). Sejarah Peradaban Islam. Surabaya: UINSA.

Tim Penyusun. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Zakariya, Din Muhammad, (2018). Sejarah Peradab an Islam: Prakenabian hingga Islam di Indonesia, Cet. 1. Malang: CV. Intrans Publishing.

Downloads

Published

18-02-2023

How to Cite

Tarigan, M. ., Audry, F. ., Syahida Tambunan, F. A.-Z. ., Nuri Badariah, P. P. ., & Rohani , T. . (2023). Sejarah Peradaban Islam dan Metode Kajian Sejarah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1658–1663. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5470

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check