Hubungan Pola Komunikasi Orangtua dengan Interaksi Sosial Remaja di SMP N 7 Muaro Jambi

Authors

  • Tri Suharningsih Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan Universitas Jambi, Indonesia
  • Rasimin Rasimin Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan Universitas Jambi, Indonesia
  • Hera Wahyuni Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidkan Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5480

Keywords:

Pola Komunikasi Orangtua, Interaksi Sosial Remaja

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena terkait dengan interaksi sosial remaja terdapat siswa tidak dapat bekerja sama dalam kegiatan sekolah dengan teman sebayanya dengan baik, sebagian siswa tidak diterima dalam kelompok belajarnya dan beberapa siswa suka menyendiri dan sebagian membentuk kelompok-kelompok kecil dalam pergaulannya di kelas. Kualitas hubungan dan komunikasi yang diberikan orang tua pada anak akan menentukan kualitas perkembangan sosial anak. Hubungan yang akrab dan bentuk komunikasi dua arah antara anak dan orang tua merupakan kunci dalam hal menentukan perkembangan sosial anak. Hal tersebut yang menjadi dasar tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mengungkapkan tingkat pola komunikasi di kelas VIII SMP N 7 Muaro Jambi. (2) untuk mengungkapkan tingkat interaksi sosial remaja di kelas VIII SMP N 7 Muaro Jambi. (3) untuk mengungkapkan adanya hubungan antara pola komunikasi orangtua dengan interaksi sosial remaja di SMP N 7 Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A-H di SMP N 7 Muaro Jambi dengan jumlah 148 siswa dengan teknik simple random sampling. Instrument yang digunakan adalah angket dengan opsi jawaban menggunakan skala likert. Untuk mengetahui ketepatan dan keabsahan instrumen ini dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, iji linearitas, serta analisis korelasi dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian pada tingkat pola komunikasi orangtua yang diberikan dengan persentase sebesar 52,73% yang berada pada klasifikasi tingkat sedang dan pada tingkat interaksi sosial remaja yang dialami siswa sebesar 62,89% yang berada pada tingkat sedang, penelitian ini menggunakan analisis uji korelasi menunjukkan bahwa hubungan pola komunikasi orangtua dengan interaksi sosial remaja siswa di SMP N 7 Muaro Jambi sebesar 0,788 > r tabel = 0,159 yang artinya terdapat hubungan yang besar dan signifikan antara pola komunikasi orangtua dengan interaksi sosial remaja di SMP N 7 Muaro Jambi atau dengan kata lain pola komunikasi orangtua memiliki peran penting bagi interaksi sosial remaja.

 

References

Abdulsyani. (2012). Sosiologi Sistematika, Teori. Dan Terapan. Jakarta : Bumi Aksara

Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta

Ali & Asrori. (2015). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Bumi Aksara

Calista, R., Yeni, I., & Pransiska, R. (2019). Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua terhadap Perkembangan Berbicara Anak di Raudhatul Athfal Ikhlas Gunung Pangilun Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai , 3 (3), 1633-1639.

Djamarah, Syaiful bahri.2018. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri.2020. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta

Gufron. (2016). Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta : kalimedia

Herimanto & Winarno. (2011). Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta : Bumi Aksara

Ika P.P. & Sapto Irawan.(2019). Hubungan Antara Tipe Kepribadian Dengan Interaksi Sosial Karang Taruna Dukuh Klarisan Kelurahan Tanduk Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 No.1

Jumiati, T., Romas, MZ, & Rohyati, E. (2021). Hubungan Pola Asuh Demokratis dengan Interaksi Sosial pada Remaja yang Menggunakan Smartphone di SMAN X Yogyakarta. Jurnal Psikologi , 17 (2), 30-38.

Mardiana, N. S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua terhadap Interaksi Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 22-25.

Maunah, Binti. (2016). Interaksi Sosial Anak di Dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama

Santrock, John. 2007. Remaja.Penerbit Erlangga

Sauri, Sofyan. (2006). Membangun Komunikasi dalam Keluarga. PT.Ganesindo

Silaban, F. S., Sinaga, F. Y., Apriani, I., Ningsih, R. J., Gustidila, S. A., Wahyuni, H., & Gutji, N. (2022). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 822-828.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Pratiknya. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : alfabeta

Sukardi. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Sutja, A. Dkk. 2017. Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Konseling Dan Konseling. Yogyakarta: Wahana Resolusi.

Waty, A. (2017). Hubungan interaksi sosial dengan perkembangan moral pada remaja di SMA UISU Medan. Jurnal Psikologi Konseling, 10(1).

Widjaja, H.A.W. (2019). Komunikasi : Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta : Bumi Aksara

Yasica, A., Wahyuni, H., Walindarahma, SA, & Aisah, S. (2022). Analisis Komunikasi Antara Orang Tua Dan Anak Bungsu Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian , 3 (2), 01-08.

Downloads

Published

21-02-2023

How to Cite

Suharningsih, T. ., Rasimin, R., & Wahyuni, H. . (2023). Hubungan Pola Komunikasi Orangtua dengan Interaksi Sosial Remaja di SMP N 7 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1741–1747. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5480

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check