Evaluasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) terhadap Pencegahan dan Penanganan Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan di Kelurahan Hamadi Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura

Authors

  • Lazarus Ramandei Jurusan Planologi Fakultas Tenik Universitas Cenderawasih Jayapura, Indonesia
  • Sepo Nawipa Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Cenderawasih Jayapura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5491

Keywords:

Pemukiman Kumuh, Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Jayapura

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, sedangkan jumlah ketersediaan lahan untuk pemukiman yang tetap maka tidak jarang timbul beberapa titik konsentrasi hunian yang padat dengan ketidakteraturan bangunan dan kualitas bangunan serta sarana dan prasarana yang tidak memadai maka memberi kesan kumuh pada lokasi permukiman yang dekat dengan pusat kegiatan. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) untuk mengidentifikasi keberhasilan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dalam menangani dan mencegah Permukiman Kumuh Perkotaan di Kelurahan Hamadi, 2) Untuk mengidentifikasi kendala dalam pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) pada kondisi eksisiting di Kelurahan Hamadi, 3) Untuk memberikan saran atau rekomendasi terhadap pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Hamadi. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penarikan sampel dalam kuesioner dilakukan dengan cara Accidential sample sebanyak 41 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar dalam area penanganan dan area pencegahan. Pencapaian belum tinggi dikarenakan belum semua kegiatan peningkatan belum dilaksanakan dan sampai penelitian ini dilakukan, masih ada kegiatan yang sedang berjalan. Tingkat partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kelurahan Hamadi masih sangat rendah. Hal ini dilihat dari rendahnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan Program KOTAKU di Kelurahan Hamadi.

References

Arifin, Z. (2010). Model-model Evaluasi Program. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Adisasmita. (2010).Pembangunan Kota Optimum,Efisien &Mandiri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

BPS Kota Jayapura. (2017). Kota Jayapura dalam Angka. Jayapura.

Budiharjo, E.(1992). Sejumlah Masalah Permukiman Kota, Alumni Bandung.

Dunn, William N. dalam Patton 2011. Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua . Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Doxiadis dalam Kuswartojo, dkk.1997. Perumahan dan permukiman yang berwawasan lingkungan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan.

Gelbert M, Prihanto D, dan Suprihatin A, 1996. Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dan “Wall Chart“. Buku Panduan Pendidikan Lingkungan Hidup PPPGT/VEDC, Malang.

Jannah, Nidaul 2014. Evaluasi Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni(RTLH) di Kota Depok, (Tesis, Depok: Universitas Indonesia).

Khomarudin. 1997. Menelusuri Pembangunan dan Permukiman. Penerbit Yayasan Realestat Indonesia-PT.Rakasindo,Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Moleong. Oktober 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Dua Puluh (Edisi revisi). Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nasution, Prof. Dr. S. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung.

Prayitno, B. (2014). Skema Inovatif Penanganan Permukiman Kumuh. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ramandey, Lazarus. "Analisis Pengaruh Penataan Ruang Terhadap Kinerja Pembangunan Wilayah Di Kabupaten Waropen Papua Indonesia." Jurnal Presipitasi: Media Komunikasi Dan Pengembangan Teknik Lingkungan 14.1 (2017): 37-40.

Ramandei, Lazarus (2020) Community Participation In Domestic Waste Management In Vim Village Abepura District Jayapura City, International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 9, Issue 04, April 2020

Ramandei, Lazarus (2020) Community Behavior In Waste Management In Gurabesi Village North Jayapura District And Vim Village Abepura District Of Jayapura City, International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 9, Issue 04, April 2020

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Republik Indonesia. 2016. Peraturan Pemerintah Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif da R&D. Penebar Swadaya, Depok.

Sugiyono. (2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suparno, dkk. 2006.Perencanaan dan Pengembangan Perumahan.Yogyakarta: Andi Publisher.

Setiawan, N. (2007). Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slovin Telaah Konsep dan Aplikasinya. Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan UNPAD, Bandung.

Turner dalam Yudhosodo, S dkk.1976. Rumah Untuk Seluruh Rakyat. Jakarta. INKOPPOL.Hal 333-334.

Downloads

Published

23-02-2023

How to Cite

Ramandei, L. ., & Nawipa, S. . (2023). Evaluasi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) terhadap Pencegahan dan Penanganan Kawasan Permukiman Kumuh Perkotaan di Kelurahan Hamadi Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1800–1816. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5491

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check