Pengaruh Video Animasi Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik

Authors

  • Fahdia Ayu Nanjeli Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia, Indonesia
  • Nailah Rizkiyah Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia, Indonesia
  • Neni Widya Astuti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia, Indonesia
  • Nurainun Nurainun Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5506

Keywords:

Pembelajaran IPA, Problem Based Learning, Video Animasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran IPA. Di mana Belajar IPA tidak hanya menghafal konsep dan menjawab soal saja, tetapi siswa diharapkan mampu memahami, mengamati, menganalisis dan menyelesaikan masalah yang nantinya berguna untuk kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Karya Bunda yang berjumlah 44, dan sampelnya adalah kelas VA dan VB yang masing-masing berjumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan proses pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran IPA antara kelompok kontrol yang diajar tanpa menggunakan media dengan kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan media video animasi berbasis problem based learning pada siswa kelas V SD Karya Bunda Laut Dendang.

References

Aprinawati, I. (2018). “Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Peserta didik Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu (Research & Learning in Elementary Education), 2(1), 140-147. http:// stkiptam.ac.id/indeks.php/basicedu

Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.

Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil, M. (2017). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah dan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama” Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27-34. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/article/view/651.

Maryani, I. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Oktaviani, L. & Tari, N. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA pada Siswa Kelas VI SD NO 5 Jineng Dalem” Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 10-15. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/download/10718/pdf.

Sutama, I. M. (2021). Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Jawa Timur: CV. Global Aksara Pers.

Vebrianto, R. et.al. (2021). Problem Based Learning untuk Pembelajaran yang Efektif di MI/SD. Riau: Penerbit DOTPLUS Publish.

Wijayanti, A. (2014). “Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/3107.

Wulandari, R. (2017). “Berpikir Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains” SEJ: Science Education Journal, 1(1), 29-35. https://sej.umsida.ac.id/index.php/sej/article/view/1579.

Downloads

Published

25-02-2023

How to Cite

Nanjeli Nasution, F. A. ., Lubis, N. R. ., Astuti, N. W. ., & Nurainun, N. (2023). Pengaruh Video Animasi Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1917–1921. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5506

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check