Penggunaan Media Sosial Tik Tok dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMK Al Khairiyah Bahari Jakarta

Authors

  • Desy Anggraini Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Maemunah Nurmayasari Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Saripah Saripah Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5549

Keywords:

Media Sosial, TikTok, Motivasi Berprestasi, Siswa SMK

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan aplikasi media sosial TikTok terhadap motivasi berprestasi siswa SMK Al Khairiyah Bahari di Jakarta, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 122 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik non-probability sampling (purposive sampling). Siswa dalam penelitian ini adalah kelompok sampel yang memiliki aplikasi TikTok di perangkatnya. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penggunaan media sosial TikTok dengan motivasi berprestasi siswa SMK Al Khairiyah Bahari Jakarta. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media sosial TikTok memiliki motivasi berprestasi yang lebih rendah dibandingkan siswa yang tidak. Hal ini menunjukkan bahwa semakin sering siswa menggunakan TikTok maka motivasi berprestasinya akan semakin rendah. Oleh karena itu, penting bagi sekolah dan orang tua untuk memantau dan membatasi penggunaan media sosial oleh siswa.

References

Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(1), 147–157.

Aspriyani, R. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(1).

Firmansyah, H. (2009). Hubungan motivasi berprestasi siswa dengan hasil belajar pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1).

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan instagram sebagai sarana promosi oleh pengelola industri kreatif fashion di kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 2.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.

Mirdanda, A. (2018). Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Yudha English Gallery.

Nuriyanti, W. (2019). Peran Media Sosial Dalam Perkembangan Industri Kreatif. Sosio E-Kons, 11(2), 101–107.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(2), 31.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Sitoresmi, A. R. (2022). Pengertian Teknologi, Perkembangan, Manfaat, dan Jenisnya yang Wajib Diketahui. Liputan 6. Com.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Study of Student Achievement in Various Aspects and Affecting Factors. J. Komun. Pendidik, 2(2), 115.

Tibyani, P. N. A., & Adhe, K. R. (n.d.). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI TIKTOK UNTUK MENSTIMULASI FISIK MOTORIK KASAR PADA TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN.

Downloads

Published

27-02-2023

How to Cite

Anggraini, D. ., Nurmayasari, M. ., & Saripah, S. (2023). Penggunaan Media Sosial Tik Tok dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMK Al Khairiyah Bahari Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2239–2244. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5549

Issue

Section

Articles of Research

Citation Check