Pembelajaran Menyenangkan dengan Menggunakan Media Pembelajaran dan Metode Bervariasi pada Kelas Tinggi

Authors

  • Harlen Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Ema Lorensya Sembiring Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Rohdeni Tuahta Kudadiri Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Lisna Sianturi Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Wina Gratia Tambunan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Sylvia T.L. br Sianturi Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Angela Anatasya Regina Bangun Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5583

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Mahasiswa, Sekolah, Masyarakat

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah salah satu program dari Kampus dalam melaksanakan kegiatan di kalangan masyarakat juga di sekolah dengan memberdayakan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan siswa/I Bangsa Indonesia didalam pelajaran , salah satunya adalah SD N 101899 Lubuk Pakam yeng terletak di kecamatan Lubuk Pakam. Pada program ini mahasaiswa terlibat memiliki tanggung jawab dalam membantu pihak sekolah dalam proses mengajar secara luring dengan meningkatkan minat anak didik dalam pelajaran. Dikarenakan jaman sekarang adalah jaman era digital yang dimana kita harus mempersiapkan anak bangsa agar mampu bersaing dengan Negara lain. Selain itu mahasiswa juga membantu para guru dalam mempermudah siswa/i di dalam pelajarannya. Agar proses mengajar dapat diubah yang awalnya hanya memakai papan tulis dalam menjelaskan berbagai pelajaran maka, mahasiswa/i menyediakan media sebagai alat untuk membantu murid dalam belajar sehingga murid-murid lebih mudah menerima pengajaran dan lebih mudah untuk dipahami. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah pihak sekolah dan masyarakat akan terbantu dalam meningkatkan pendidikan serta mahasiswa menambah pengalaman softskill diluar aktivitas kampus.

References

Mudlofir, Ali dan Rusydiyah, Evi, Fatimatur. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers. Sanaky, Hujair. AH. 2013.

Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar Bandung: Yrama Widya.Wina Sanjaya. 2006.

Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Yogyakarta : CAPS.

Downloads

Published

04-03-2023

How to Cite

Simanjuntak, H. ., Sembiring, E. L., Kudadiri, R. T. ., Sianturi, L. ., Tambunan, W. G., Sianturi, S. T. br ., & Regina Bangun, A. A. . (2023). Pembelajaran Menyenangkan dengan Menggunakan Media Pembelajaran dan Metode Bervariasi pada Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 6–11. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5583

Issue

Section

Articles of Community Service

Citation Check